Dari beberapa operating system smartphone yang tersedia, Windows adalah yang paling sedikit diminati orang. Alasannya beragam, tapi yang sering dijadikan alasan adalah cara mengoperasikannya yang cukup sulit. Memang sebagian besar pengguna smartphone kurang menyukai tampilan yang ada di Windows Phone, padahal sebenarnya ada banyak rahasia yang dapat memudahkan penggunaannya.

Windows-Phone
Windows-Phone | http://s3.amazonaws.com/

Di Windows Phone 8 sendiri, setidaknya ada 20 trik yang wajib Anda ketahui. So, inilah 20 trik rahasia di Windows Phone 8:

1. Menterjemahkan Teks Menggunakan Kamera

Di saat Anda kesulitan untuk menterjemahkan bahasa inggris atau bahasa lain, Windows Phone memberikan solusi dengan cepat . Anda bisa menggunakan aplikasi kamera di dalamnya untuk memindai teks tersebut dan menerjemahkan ke bahasa yang Anda inginkan. Ya, Bing Vision adalah jawabannya. Untuk menggunakannya, cukup Tap tombol Search di samping Windows Key > Tap Vision (mata) > Scan / Pindai teks yang di inginkan.

[listingterkait judul=’Windows Phone 8’]

2. Mengetik Lebih Cepat dengan Shortcut

Jika Anda malas untuk mengetik manual semua jenis tanda baca atau huruf, Anda cukup menekan dan menahan salah satu tanda baca atau huruf yang mirip dengan tanda baca atau huruf yang Anda inginkan.

 3. Ajaibnya Memainkan Musik

Memainkan musik favorit Anda pun simpel untuk dilakukan, karena Anda cukup menekan tombol Search > Pilih Music > ucapkan dengan kata lagu apa yang ingin dimainkan atau dibeli melalui Store.

 4. Pilih Alamat Web yang Diinginkan

Menggunakan alamat web di web browser IE jadi lebih simpel dan enak. Buat alamat web menjadi favorit Anda, caranya buka Web Browser > Ketik alamat web yang Anda inginkan > more > Add to favorites atau Pin to Start. Dengan membuat Pin to Start, jadi lebih memudahkan Anda untuk mengunjungi alamat web yg Anda favoritkan.

 5. Balas Telepon dengan SMS

Sedang ditelepon orang yang penting, tapi tidak bisa menjawab telepon itu karena dalam keadaan yang tidak memungkinkan. Untuk menghindari kejadian tersebut, Anda cukup membuat SMS balasan secara otomatis mengikuti susunan balasan teks yang telah dibuat. Jika telepon masuk, “SLIDE UP” lock screen, kemudian Tap “TEXT REPLY”. Caranya sangat mudah, caranya Buka Phone > Setting > Edit Replies, kemudian tulis balasan apa saja yg akan digunakan.

 6. Biarkan Orang Tahu dengan Keterlambatan Anda

JIka Anda sedang mengadakan janji temu dengan seseorang atau karyawan kantor, tapi Anda terlambat datang, tentunya ini akan menjadi masalah besar. Nah, dengan Lumia, Anda tak perlu khawatir lagi. Pastikan sebelum bertemu, Anda sudah membuat jadwal di Kalender, dan jika Anda terlambat, maka secara otomatis catatan yang ada di kalender tersebut akan terkirim ke email orang yang akan Anda ajak bertemu.

Sebelum mengirim otomatis, Anda juga bisa mengeditnya. Caranya: Calender > Tap + > Isi semua kolom yang dibutuhkan > Scroll kebawah > more details > Pilih orang yang akan menghadiri pertemuan tersebut beserta dengan catatan yang dibutuhkan.

 7. Perbesar Layar Anda

Kesulitan membaca tulisan di Lumia dengan layar yang kecil? Santai saja, sebab dengan double tap menggunakan 2 jari, Anda bisa memperbesar layar Lumia Anda. Caranya: Setting > Ease of Access > Pilih text size lebih besar dan Aktifkan Sreen Magnifier. Perbesar layar dengan 2 jari Anda, kemudian gerakan melingkar dengan 2 jari masih menempel di layar. Jika ingin scroll ke atas atau ke bawah gunakan 1 jari, karena Anda jika tidak akan bisa melakukan scroll ke atas atau ke bawah bila masih menggunakan 2 jari.

 8. Aktifkan Perintah Suara

Ini tidak akan semudah yang Anda bayangkan. Perintah suara pada Lumia membutuhkan Grammar bahasa Inggris yang bagus. Jika ada salah pengucapan, sistem juga akan menunjukkan kata yang salah. Gunakan perintah yang sudah ada di sistem, klik untuk melihat daftar perintah yang dapat Anda gunkan. Caranya: cukup tekan dan tahan tombol Windows Key > kemudian ucapkan kata yang Anda inginkan.

 9. Otomatis Backup Foto di OneDrive

Jika Anda takut kehilangan data-data Anda yang penting di Lumia Anda, aktifkan saja otomatis upload ke OneDrive. Dengan fitur ini Anda bisa melihat lagi data-data Anda di OneDrive yang tadinya hilang, khususnya Foto. Caranya: Setting > Backup > Photos > pilih kualitas yg diinginkan.

 10. Multi-Tasking

Sepertinya kebanyakan pengguna sudah mengetahui peranan multi-tasking ini, sudah tidak asing lagi dengan cara menutup aplikasi sekaligus. Hanya tekan dan tahan tombol Back > tekan tombol X.

 11. Menyatukan Kotak Email

Punya email banyak? Anda bisa menggabungkannya menjadi satu. Pertama, menuju ke Setting > email+account > add account > masukan email apa yang ingin digunakan. Jika sudah selesai, buat akun email lagi yang Anda punya. Setelah semuanya siap, buka 1 email dari daftar aplikasi Anda > kemudian tap more > Link Inboxes > Pilih email yang akan dijadikan satu.

 12. Atur Kontak Anda

Aplikasi People memang menjadi tempat yang luar biasa untuk menemukan semua orang dan teman Anda dari SimCard, Facebook, email dan lain-lain. Namun Anda juga bisa mem-filter kontak-kontak Anda dengan rapi. Caranya: People > More > Setting > Filter My Contact List. Jadi di dalam opsi ini, Anda bisa memilih kontak mana yang akan tampil di menu utama People.

 13. Pin “Link yang Paling Dalam” ke Start Screen

Jika Anda menjelajahi alamat web di web browser Anda dengan Pin to Start dengan mudah, tapi bersiaplah untuk Pin berita ataupun momen yang paling dalam dari itu. Pin lokasi peta, pin artis atau lagu di MIxRadio, document, people, lagu di XBOX music, kontak, dan lain-lain. Fungsinya hanya untuk mempermudah Anda menggunakan berita atau aplikasi tersebut dengan sekali Tap.

 14. Shortcut Huruf

Mungkin yang satu ini sudah lama menjadi rahasia umum, Anda bisa mencari aplikasi dengan menekan satu huruf dan akan muncul semuanya. Cukup geser Start Screen ke kiri > Tap Huruf alpabet dari A-Z dan temukan aplikasi yang ingin Anda cari.

 15. Menggunakan Headphone dengan Satu Tombol

Jika Anda menggunakan headphone yang punya satu tombol saja (tidak ada tombol rewind atau forward), gunakan langkah ini:

  • Tekan saja tombol tersebut untuk play dan stop musik.
  • Tekan dua kali dengan cepat untuk melakukan skip track musik.
  • Tekan tiga kali dengan cepat untuk restart track musik yang sedang dimainkan.
  • Tekan tiga kali dengan cepat pada detik awal track musik yang dimainkan untuk play previous track.
  • Tekan dan tahan satu kali untuk menggunakan voice command.

 16. Mengambil Screenshot

Untuk mengambil screenshot, Anda tidak perlu menginstal suatu aplikasi tertentu. Cukup Tap key Windows dan tekan tombol power dengan cepat bersamaan. Lalu cari di folder screenshot yang ada di photo album list untuk melihat hasilnya.

 17. Membuat Ilusi Cahaya dengan Nokia Camera

Ubah pengaturannya menjadi seperti ini:

  • ISO Level= 100-200
  • Shutter Speed= 4 seconds
  • White Blance= Bulb Mode (option with an electric bulb)
  • Focus= Infinity
  • Self timer= 10 seconds

Lalu letakkan Lumia Anda di tripod, stand, atau suatu tempat yang stabil. Setelah itu pergilah ke depan kamera dan buatlah sebuah pola gerakan dengan sumber cahaya (sentar, kembang api, atau apapun) hingga foto diambil sesuai pengaturan timer.

 18. Advanced Kalkulator

Jika sedang menggunakan kalkulator built-in, miringkan smartphone ke arah landscape, maka kalkulator tersebut akan menjadi advanced kalkulator.

 19. Mengenal Kata yang Sulit

Jika sedang browsing artikel di web, kemudian menemukan kata-kata yang tidak Anda kenali, highlight saja kata tersebut dengan cara di tap tahan, kemudian tekan tombol search. Maka Anda akan langsung diarahkan ke Bing Search dengan keyword kata tersebut.

 20. Mencatat Quote atau Kalimat Tertentu dengan Cepat

Jika Anda sedang menonton TV, membaca buku, atau browsing di internet dan menemukan quote atau kalimat yang ingin Anda simpan, tekan saja tombol search -> tap vision -> scan kata tersebut -> klik options -> tekan copy all -> buka OneNote dan paste saja disitu.

Comments

comments