“Ma..aku takut bobo sendiri. Aku bobo sama Mama, ya.” Pernahkah anak Anda berkata seperti itu? Mungkin kebanyakan orang tua pernah mengalaminya, bahkan saat si anak beranjak besar dia masih saja takut untuk tidur di kamarnya sendiri. Berbagai siasat sudah Anda lakukan, tapi tetap tidak ampuh. Bisa saja kesalahan ada di dekorasi kamar mereka, misalnya gelap, pengap, atau membosankan.

Merombak kamar anak bisa jadi langkah yang bisa Anda lakukan. Coba tanyakan keinginan si anak ingin dekorasi kamar yang seperti apa atau Anda juga dapat mencoba 20 ide merubah kamar anak agar terlihat lebih fresh versi kami:

1.     Papan Tulis Sebagai Kepala Tempat Tidur

20 Ide Merubah Kamar Anak Lebih Fresh
Papan-Tulis-Sebagai-Kepala-Tempat-Tidur

Si kecil suka mencoret-coret dinding atau tempat tidur walaupun Anda sudah membelikannya banyak buku gambar hingga menumpuk? Siasati dengan memberinya papan tulis yang diletakkan pada kepala tempat tidurnya. Selain memberikannya media untuk menggambar, ia juga akan lebih senang untuk tidur di tempat tidur, apalagi bila ia memang hobi menggambar. Arahkan ia untuk menggambar objek yang ia sukai di papan tulis tersebut agar membuar kamar lebih ramai.

2.      Kepala Tempat Tidur Gaya Pedesaan

20 Ide Merubah Kamar Anak Lebih Fresh
Kepala-Tempat-Tidur-Gaya-Pedesaan

Tak harus selalu memberinya barang-barang mewah dan baru, gaya pedesaan (rustic) layak untuk menciptakan suasana unik. Gaya ini cenderung terlihat lawas dan bisa menggunakan barang bekas. Anda cukup memanfaatkan papan kayu usang, lalu mengecat dan mengamplasnya agar tidak membahayakan anak. Untuk menambah sedikit corak, ajaklah ia untuk menggambar atau menulis sesuatu di atasnya.

3.      Kanopi

20 Ide Merubah Kamar Anak Lebih Fresh
Kanopi

Gaya ini lebih cocok untuk kamar anak perempuan karena memberi kesan romantis. Untuk menambah kanopi, gantungkan dua bilah papan kayu yang agak tebal di kedua sisi tempat tidur, lalu pasang tirai pada kedua kayu tersebut. Pilih tirai yang tak terlalu tebal agar tidak memberi kesan berat. Selain memberikan efek romantis, kanopi bertirai juga mampu melindungi anak dari nyamuk.

4.      Duvet (Selimut Minimalis)

20 Ide Merubah Kamar Anak Lebih Fresh
Duvet

Bila Anda sudah memasangkan sprei yang lucu dengan warna dan corak favoritnya, jangan lupa untuk menambahkan duvet. Di samping memberikan ia kehangatan saat tidur, selimut jenis ini relatif murah, halus, dan tidak membutuhkan teknik menjahit yang rumit.

5.      Sarung Bantal

20 Ide Merubah Kamar Anak Lebih Fresh
Sarung-Bantal

Guna melindungi anak dari bantal yang kotor dan berdebu, pastikan Anda selalu memasangkan sarung bantal pada tiap bantalnya. Pilihkan corak yang serasi dengan sprei, berbahan halus, dan tidak berbahaya bagi kulitnya.

6.      Bantal Kecil Berwarna-Warni

20 Ide Merubah Kamar Anak Lebih Fresh
Bantal-Kecil-Berwarna-Warni

Bantal bisa ditaruh di atas tempat tidur sebagai pendamping ia tidur, sekaligus mempermanis tampilan kamarnya. Tambahkan paling tidak 2 bantal kecil yang sudah dipasangkan sarung bantal berwarna-warni. Warna-warna cerah akan memberikan efek ceria yang akan membuat anak merasa nyaman untuk melakukan aktivitas di kamarnya sendiri.

7.      Sarung Bantal Tanpa Jahitan

20 Ide Merubah Kamar Anak Lebih Fresh
Sarung-Bantal-Tanpa-Jahitan

Cobalah cara yang lain ini, sarung bantal yang tidak dijahit. Anda mungkin belum pernah mendengar ide ini dan berpikir, “Bagaimana bisa ada sarung bantal yang tidak dijahit?”. Namun nyatanya ide unik ini bisa direalisasikan lho. Tinggal ‘membungkus’ bantal ke dalam selembar kain, kemudian mengikat keempat sudutnya menjadi satu.

8.      Bangku Kecil

20 Ide Merubah Kamar Anak Lebih Fresh
Bangku-Kecil

Selain perlengkapan tidur, bangku bisa dipertimbangkan untuk memberi spot mereka duduk. Sesuaikan tinggi dan besar bangku dengan badan anak, juga gunakan material yang kokoh dan tidak tajam.

9.      Lampu Gaya Klasik

20 Ide Merubah Kamar Anak Lebih Fresh
Lampu-Gaya-Klasik

Ide unik lain yang murah-meriah adalah menciptakan efek klasik dari seutas tali tambang. Anda bisa coba melilitkan benda ini ke seluruh/sebagian badan lampu. Selain menciptakan kreasi baru, ide ini juga dapat menutupi cacat atau penampilan lampu yang sudah mulai usang. Jadi Anda bisa menghemat karena tak perlu membelikan ia lampu baru lagi.

10.  Lampion Jepang

20 Ide Merubah Kamar Anak Lebih Fresh
Lampion-Jepang

Sebagai penerang di kala ia tidur di malam hari, lampion Jepang adalah item cantik yang bisa juga ditaruh di kamar mereka. Tema oriental ini akan menghasilkan efek yang berbeda, layaknya suasana pedesaan di Jepang.

11.  Make Over Laci Pakaian

20 Ide Merubah Kamar Anak Lebih Fresh
Make-Over-Laci-Pakaian

Laci pakaian sudah terlihat kusam atau terlalu polos? Berkreasilah bersama si kecil dengan mengajaknya untuk mengecat ulang furnitur tersebut. Untuk menghasilkan suasana yang gembira, gunakan warna-warna ngejreng, seperti kuning, hijau, atau biru pada bagian tepi. Sedangkan pada bagian permukaan, bisa ditambahkan lukisan tangan atau wallsticker yang sekarang sedang tren.

12.  Keset Daur Ulang

20 Ide Merubah Kamar Anak Lebih Fresh
Keset-Daur-Ulang

Jangan terburu-buru membuang baju-baju lama Anda, manfaatkan barang-barang tersebut untuk membuat satu benda layak pakai, seperti keset. Hanya dengan mengguntingnya hingga menjadi potongan kecil-kecil, lalu ikat semua menjadi barisan kain perca warna-warni yang bisa digunakan untuk pengering kaki Anda.

13.  Karpet Motif Geometrik

20 Ide Merubah Kamar Anak Lebih Fresh
Karpet-Motif-Geometrik

Lantai sering dibiarkan kosong dan dingin, tapi dengan karpet bermotif geometrik, lantai kamar anak akan terasa lebih hangat. Ia bisa bermain dan belajar di atasnya, bahkan dalam cuaca dingin sekalipun, karpet akan menghangatkannya. Jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan karpet dengan mencucinya secara rutin guna menghindarkan ia dari kutu dan kuman yang sering bersarang pada karpet.

14.  Meja Lipat

20 Ide Merubah Kamar Anak Lebih Fresh
Meja-Lipat

Banyak dari para orangtua ingin mengisi kamar anak mereka yang berukuran kecil. Meja lipat bisa jadi jawaban dari permasalahan Anda, karena furnitur ini fleksibel. Ketika tidak diperlukan, Anda bisa menutupnya, jadi anak tetap memiliki space untuk beraktivitas.

15.  Meja Kreasi Sendiri

20 Ide Merubah Kamar Anak Lebih Fresh
Meja-Kreasi-Sendiri

Bosan dengan desain meja yang itu-itu saja? Desain saja sendiri sesuai keinginan Anda. Dengan menciptakan desain sendiri, Anda akan merasa lebih puas, dalam hal warna, bahan, model, serta ukuran. Sesuaikan ukuran meja dengan ukuran kamar dan perabotan lain di dalamnya.

16.  Rak Gantung Daur Ulang

20 Ide Merubah Kamar Anak Lebih Fresh
Rak-Gantung-Daur-Ulang

Ide lain untuk memanfaatkan barang bekas yaitu membuat rak gantung. Tak perlu waktu lama dan cara yang rumit untuk membuatnya, cukup dengan beberapa papan kayu yang telah dihaluskan, tali tambang, pengait, dan paku. Banyaknya item dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

17.  Rak Buku dari Kotak Kayu

20 Ide Merubah Kamar Anak Lebih Fresh
Rak-Buku-Kotak-Kayu

Punya banyak kotak kayu bekas tak terpakai di gudang? Manfaatkan yuk sebagai rak buku mereka! Bersihkan dulu kotak-kotak tersebut, lalu sebagai pilihan Anda bisa mengecat atau sekedar mempliturnya. Susun 2-3 kotak kayu secara vertical dan rekatkan dengan paku. Rak buku instan pun sudah siap dipakai!

18.  Lukisan Modern

20 Ide Merubah Kamar Anak Lebih Fresh
Lukisan-Modern

Jangan biarkan dinding kosong melompong. Gantung 2-3 buah lukisan modern yang berwarna-warni. Tema modern menghasilkan kesan minimalis dan rapi, tapi tetap enak dipandang.

19.  Banner dari Benang Wool

20 Ide Merubah Kamar Anak Lebih Fresh
Banner-Dari-Benang-Wol

Selain lukisan, banner pun bisa digunakan sebagai penghias dinding. Belilah beberapa benang wool yang beraneka warna, kemudian rangkai pada sebuah stick bambu/kayu dan gantungkan pada dinding.

20.  Galeri Kartu Pos

20 Ide Merubah Kamar Anak Lebih Fresh
Galeri-Kartu-Pos

Hobi mengoleksi kartu pos unik Anda ternyata juga bisa ‘disulap’ menjadi sebuah karya seni yang menawan. Tempel beberapa buah kantor pos pada dinding yang masih kosong sesuai dengan kreasi Anda masing-masing. Ide ini bisa digunakan sebagai lukisan yang cenderung mahal.

Ada banyak sekali ide-ide kreatif yang dapat Anda aplikasikan untuk merombak penampilan kamar anak. Melihat 20 ide merubah kamar anak lebih fresh tadi, dapat diambilkan kesimpulan kalau tidak semua bahan dekorasi ruangan berharga mahal. Beberapa di antaranya bahkan menganjurkan Anda untuk mendaur ulang dengan menggunakan barang bekas yang bisa Anda temukan di lingkungan sekitar.

Di Pricearea, Anda juga dapat mengisi kamar anak dengan perabotan seperti tempat tidur anak dan ranjang bayi di situs http://www.pricearea.com/result/tempat+tidur dan http://www.pricearea.com/result/ranjang+bayi. Sedangkan untuk dekorasi wallpaper bisa dibeli di http://www.pricearea.com/result/wallpaper dan mainan anak di http://www.pricearea.com/promo/result/mainan+. Selamat bereksperimen dan semoga bermanfaat.

Comments

comments