Secanggih dan semahal apapun perangkat smartphone, baterai tetap menjadi masalah utama. Daya tahan baterai cuma bisa bertahan selama beberapa jam saja, terlebih bila sedang banyak kegiatan mobiling. Beruntung bila baterai Anda berkapasitas besar, jadi tidak perlu repot mengisi daya meski digunakan seharian.

Smartphone kini sudah menjadi ‘jantung’ kedua bagi sebagian besar masyarakat yang digunakan untuk berbagai macam kegiatan. Tak pelak rangkaian kegiatan tersebut akan membuat daya cepat habis. Penggunaan yang kurang efektif pun dapat mempengaruhi daya tahan baterai, seperti terus dipakai untuk bermain game atau terus terkoneksi dengan internet.

Ilustrasi-Kondisi-Baterai
Ilustrasi-Kondisi-Baterai | http://srpe.ca/

Meski sudah banyak aplikasi Android di Play Store yang menawarkan fitur untuk menghemat baterai, tapi akan lebih efektif bila Anda tahu cara yang benar. Maka ketahuilah 11 cara menghemat baterai Android berikut ini:

1. Matikan Bluetooth, Wifi, dan GPS jika tidak diperlukan

Langkah ini bisa dilakukan dengan sangat praktis, yaitu dengan menarik notifications bar lalu pindah ke quick settings. Di situ Anda bisa mematikan Wifi, Bluetooth, dan GPS. (Cara ini hanya berlaku untuk Android ICS ke atas. Bagi pengguna Gingerbread silahkan gunakan aplikasi seperti Power Control atau sejenisnya).

[listingterkait judul=’Android’]

2. Matikan Smartphone Ketika Tidur

Beberapa stock ROM memiliki fitur untuk mematikan dan menghidupkan secara otomatis, Anda bisa tinggal mengatur waktunya. Cara ini bisa dipakai bila Anda memang tidak ingin terganggu sama sekali ketika sedang tidur nyenyak, sekaligus dapat menghemat daya saat tidak terpakai.

3. Memakai Mode Pesawat (Airplane Mode/Flight Mode)

Jika Anda tidak ingin mematikan Smartphone karena malas harus menunggu loading saat booting, Anda bisa coba mengaktifkan Mode Pesawat. Mode ini akan mematikan semua konektifitas wireless, termasuk sinyal GSM/CDMA, termasuk tidak bisa menerima SMS dan telepon juga.

4. Mengatur Jaringan ke 3G Prefer

Pengaturan ini akan mengubah jaringan ke 2G (EDGE/GPRS) ketika jaringan 3G tidak tersedia atau sedang lemah. Sebenarnya mode GSM akan paling irit baterai ketika menggunakan jaringan EDGE. Jadi bila memang sedang tidak terlalu membutuhkan jaringan 3G, lebih baik gunakan yang 2G saja agar lebih hemat daya.

5. Uninstall Aplikasi-Aplikasi yang Tidak Pernah atau Jarang Dipakai

Periksa aplikasi yang terinstal melalui Settings -> Apps -> Downloaded. Pilih aplikasi yang jarang dipakai, kemudian hapus. Anda bisa melakukannya lebih mudah dengan aplikasi seperti Clean Master.

6. Disable Aplikasi yang Tidak Bisa Dihapus

Beberapa aplikasi sistem tidak bisa dihapus kalau Anda tidak punya akses root. Namun Anda bisa men-disable aplikasi tersebut untuk menghindari penggunaan sumber daya baterai untuk hal-hal yang tidak berguna.

7. Matikan Paket Data dan Gunakan Wi-Fi Bila Tersedia

Menggunakan Wi-Fi akan sangat menghemat baterai daripada menggunakan paket data yang harus terus mencari sinyal. Kalau memang tersedia jaringan wi-fi di sekitar Anda, maka aktifkan saja.

8. Matikan auto Brightness Layar

Sesuaikan kecerahan layar sesuai kebutuhan secara manual. Memakai fitur auto brightness malah membuat boros baterai, sebab sistem akan mendeteksi cahaya terus menerus.

9. Bijaklah Dalam Memilih Item yang Disinkronkan dalam Akun Anda

Setiap akun yang Anda tambahkan ke sistem Android memiliki beberapa item yang akan disinkronisasi dengan layanan cloud, misalnya akun Google. Akun seperti Google yang Anda sync di Android akan melakukan sinkronisasi data Kalender, Kontak, Gmail, dan lain-lain. Hapus tanda centang pada item yang tidak dipakai.

10. Kurangi Berinteraksi di Social Media

Keberadaan social media yang makin beragam membuat kita terlalu asyik berinteraksi di sana. Ketika sedang berada di tempat umum atau berkumpul bersama kerabat, sebaiknya Anda juga berinteraksi dengan orang di sekitar Anda dan menyimpan smartphone Anda untuk sementara. Cara ini dijamin akan ikut menghemat baterai.

11. Gunakan Powerbank atau Baterai Ekstra

Ini adalah pilihan terakhir ketika Anda telah melakukan itu semua. Mungkin kesehatan smartphone baterai Anda telah berkurang, sehingga metode di atas tidak banyak membantu untuk meningkatkan masa pakai baterai. Maka Anda bisa menggunakan powerbank atau baterai ekstra, tentunya yang memiliki kualitas bagus.

Comments

comments