Kita semua tentu saja sudah sangat mengenal WahtsApp. Benar sekali, saat ini WahtsApp merupakan salah satu aplikasi messenger yang paling banyak digunakan di dunia. Aplikasi chatting ini banyak dijumpain di berbagai Smartphone Meskipun demikian, nyatanya masih banyak fitur dalam WahtsApp yang masih kurang bisa dimaksimalkan. Ada banyak hal dalam WahtsApp yang bisa dirubah dan atau dimaksimalkan jika kamu tahu caranya. Tips dan trick dalam WahtsApp yang masih sangat jarang diketahui oleh orang antara lain adalah:

1. Menghilangkan “Last Seen”
Jika kamu tidak ingin orang tahu kapan kamu membuka WahtsApp, kamu bisa masuk ke bagian setting > account > privacy > lalu ganti preferensi bagian “last seen” dari everyone menjadi nobody.

2. Private Message
Jika kamu ingin menyembunyikan percakapan kamu dengan seseorang, kamu bisa menginstal aplikas seperti Chat Block, AppLock, atau Smart AppLock untuk mengunci percakapan WahtsApp kamu.

3. Menghilangkan Tampilan Gambar
Untuk para pengguna Android yang tidak mau memunculkan gambaranya, kalian bisa menggunakan file manager untuk membuak bagian sdcard> WhatsApp> Media, lalu klik New di bagian kiri bawah di folder kemudian buat file bernama ”nomedia”.

4. Memulihkan Pesan yang Hilang
Untuk kamu yang kehilangan pesan, kamu bisa memulihkanya dengan pregi ke bagian sdcard> WhatsApp> Database dengan menggunakan file manager.  Ganti nama file menjadi msgstore.db.crypt, lalu pergi ke bagian Settings > Apps > WhatsApp > Clear data. Setelah itu masuk kembali ke halaman muka WhatsApp, maka file yang kamu inginkan sudah akan ada kembali.

5. Mengatur Notifikasi Group
Terkadang percakapan group bisa sangat menganggangu. Kmu bisa melakukan mute pada percakapan group dengan memilih panel Chat> Menu> Mute. Kamu akan melihat panel baru berisikan kotak Show notifications, kamu akan melihat pilihan apakah kamu akan mematikan notifikasi group secara permanen atau dalam jangka waktu tertentu.

6. Membuat Shortcut Obrolan
Kmu bisa saja membuat shortcut obrolanmu dengan orang lain. Yang perlu kamu lakukan hanyalah dengan tekan dan tahan percakapan yang kamu inginkan, lalu pilih Add conversation shortcut dari menu pop-up.

7. Mengirim Broadcast Message
Jika kamu menggunakan handphone Android, kamu cukup menekan menu di bagian bawah dan kamu akan menemukan panel “broadcast message” disana, cukup mudah bukan?

8. Menggunakan WhatsApp pada Komputer Atau Laptop
Banyak orang yang tidak tahu hal ini padahal yang kamu perlukan hanya masuk ke WhatsApp web. Disana ada petunjuk lengkap tentang bagaimana kamu bisa mengaktifkanya.

9. Mengetahui Berapa Lama Pesan Sudah Dibaca
Kamu dapat mengetahui berapa lama pesan kamu sudah dibaca dengan menekan dan menahan pesan yang kamu tuju lalu tekan bagian”info”, maka informasi lengkap tentang pesan itu akan keluar.

10. Memulihkan Data Saat Ganti Handphone
Masukan SD card dimana kamu menyimpan data WhatsApp lalu file klik bagian file explorer untuk menemukan sdcard / WhatsApp / folder. Cara ini bisa dilakukan dengan catatan kamu sudah menyimpan percakapanmu sebelumnya di sdcard.

Comments

comments