Mengambil liburan itu penting untuk sejenak menenangkan pikiran dari rutinitas padat kantor ataupun rumah. Menjelang hari H, ada banyak persiapan yang perlu dilakukan agar saat liburan nanti dapat berjalan dengan lancar.

Berlibur
Berlibur

Tak hanya itu, saat pelaksanaannya pun masih ada trik yang wajib dilakukan. Apa saja, sih? Simak 10 trik penting yang wajib dilakukan saat liburan berikut ini:

  • Cuci Pakaian Di Wastafel atau Kamar Mandi

Saat liburan tak pelak Anda akan menumpuk baju kotor. Di hotel biasanya sudah disediakan layanan laundry, tapi tentu saja akan membutuhkan biaya tambahan. Ada solusi lain yang bisa Anda lakukan, yaitu menggunakan sabun hotel atau membawa sedikit deterjen yang disimpan di botol kecil, lalu mencuci pakaian kotor Anda di wastafel atau kamar mandi. Ini jauh lebih mudah daripada Anda mencuci pakaian di tempat laundry.

 

  • Pelajari Cara Menjahit

Siapa sangka trik ini perlu untuk dipelajari, menjahit. Keahlian ini akan berguna jika salah satu kacning pakaian terlepas atau ada pakaian yang sobek, Anda bisa menghemat waktu dengan memperbaikinya sendiri.

 

  • Membawa Tisu Bayi atau Tisu Basah

Tisu bayi atau tisu basah dapat digunakan untuk membersihkan diri Anda yang terkadang malas mandi atau sedang dalam perjalanan panjang yang tidak bisa mampir ke kamar mandi untuk membersihkan badan.

 

  • Belajar untuk Mengatakan “Tidak, terima kasih”

Sebagian besar wisatawan belajar untuk bagaimana mengatakan “Halo”, “Ya silahkan”, ”Terima kasih”, dan “Anda bisa berbicara bahasa Inggris?”. Namun di beberapa negara, Anda harus benar-benar bisa mengatakan “Tidak, terima kasih”. Pikirkan untuk mengatakan hal itu jika Anda berkunjung di pasar yang ramai di Asia. Kalimat ini bertujuan untuk menolak tawaran dari orang asing yang tidak Anda inginkan.

 

  • Bersedia Makan Di Warung atau Toko Kelontong

Menyediakan dana berlebih untuk makan tentu saja tak boleh terlewatkan. Untuk lebih menghemat, jangan segan untuk makan di warung atau toko kelontong yang menawarkan akanan murah dengan rasa lokal, dengan begitu Anda bisa menghemat uang yang dibawa.

 

  • Memiliki Uang Simpanan

Demi menghindari kejadian tak diinginkan seperti kecopetan atau dompet hilang, maka sisihkanlah sebagian uang Anda untuk simpanan di tempat lain. Langkah ini akan berguna bila Anda perlu makan atau membeli suat barang.

 

  • Pelajari Mengendarai Mobil Manual

Terjebak di bandara setelah penerbangan Anda dibatalkan? Anda bisa mengemudi untuk mencapai tempat selanjutnya. Oleh karena itu, penting untuk mempelajari cara mengendarai mobil manual, terutama bagi Anda yang terbiasa menyetir mobil matic.

 

  • Gulung Pakaian Anda Saat Mengepak

Saat mengepak barang di koper, cara yang lebih efektif adalah dengan menggulung pakaian Anda dibanding dengan melipatnya. Jadi Anda tak perlu membawa koper terlalu banyak untuk menampung semua bawaan Anda.

 

  • Menyediakan Kantong Plastik

Ini dia barang yang sangat penting untuk dibawa selama liburan, kantong plastik. Benda ini multifungsi, bisa digunakan untuk membungkus alas kaki, pakaian kotor, atau benda lain yang dapat mengotori pakaian bersih dan barang Anda lainnya.

 

  • Belajar Berenang

Anda tidak akan pernah tahu kapan akan berenang, misalnya saja ada kecelakaan transportasi di laut. Maka untuk mengindari Anda tenggelam, persiapkan diri dengan belajar berenang.

Comments

comments