Pengguna smartphone Android pastilah sering mengeluhkan kinerja Baterai Smartphone Android yang semakin lama semakin menurun. Boros baterai adalah penyakit utama ponsel Android dan juga smartphone-smartphone lainnya. Padahal smartphone yang banyak beredar di pasaran sudah dibekali kapasitas baterai yang cukup mumpuni. Namun tetap saja masalah boros adalah masalah klasik yang hingga kini belum terpecahkan masalahnya. Terpaksa setiap beberapa saat kita harus berhenti untuk mengecas handphone kesayangan kita si suatu tempat tertentu. Hal ini pastilah membuang-buang banyak waktu dikarenakan tidak efisien.

Ada banyak aplikasi yang menjanjikan penghematan baterai ponsel, namun penghematan yang ada tidaklah secara signifikan, dan bahkan tidak terasa sama sekali. Hal ini sudah pasti ditentukan oleh cara kita menggunakan handphone itu sendiri. Oleh karenanya, kali ini kami ingin membagikan kepada anda tentang bagaimana cara efektif untuk menghemat baterai ponsel anda dengan mudah. Berikut cara-caranya.

Memaksimalkan Kinerja Baterai Smartphone Android

1. Kecilkan Brightness dan Atur Waktu Sleep Layar

Baterai Smartphone Android

Layar menjadi penyumbang terbesar borosnya baterai ponsel. Oleh karenanya, turunkan brightness pada layar. Atur supaya tetap dapat terbaca dengan jelas di dalam maupun di luar ruangan. Idealnya atur brightness di bawah 50% dari standar pemakaian. Hal ini akan menghemat penggunaan baterai karena layar menjadi semakin redup. Selain itu atur juga waktu jeda sleep layar ponsel. Atur secepat mungkin layar bisa langsung berubah pada mode sleep. Namun terlalu cepat juga justru merepotkan diri sendiri. Idealnya 15 detik untuk waktu jeda layar sudah sangat sesuai. Kedua pengaturan ini akan sedikit memotong penggunaan Baterai Smartphone Android dengan lebih efisien lagi.

 2. Pelajari Aplikasi Apa yang Paling Memboroskan Baterai

Aplikasi yang terlalu banyak terdapat di ponsel android justru akan memakan banyak resource baterai. Oleh karenanya, tentukan aplikasi mana saja yang penting bagi anda. Kemudian buang atau uninstalll aplikasi yang tidak begitu penting. Hal ini dikarenakan Android tetap mengalokasikan RAM untuk aplikasi yang idle atau stand by. Oleh karenanya uninstall aplikasi menjadi obat paling mujarab untuk mengurangi beban baterai, selain itu, uninstall program yang tidak dipakai juga akan mempercepat kinerja ponsel.

Baterai Smartphone Android

Biasakan juga untuk menutup aplikasi seusai penggunaan. Jangan gunakan tombol home untuk menutup aplikasi. Jika hanya memencet tombol home, maka aplikasi tersebut masih berjalan di background aplikasi dan masih memakan cukup banyak baterai.

 3. Nyalakan Fitur Battery Saver

Tidak semua ponsle Android dilengkapi dengan fitur penghemat baterai. Kebanyakan adalah ponsel yang memiliki brand-brand ternama saja seperti Sony, Samsung, HTC, LG, dan lainnya. Jika ponsel anda tidak memiliki fitur ini, ada banyak aplikasi penunjang yang dapat didownload untuk memenuhi kriteria hemat baterai ini.

Baterai Smartphone Android

Pada ponsel Android Lollipop (5.0) ada fitur yang sudah tersemat secara otomatis di dalam ponsel. Mode hemat baterai ini dapat menghemat hingga memberikan 90 menit tambahan waktu untuk ponsel anda.

 [adsense2]

Comments

comments