Tak lengkap rasanya apabila tidak membawa pulang oleh-oleh setelah pergi mengunjungi kota lain baik untuk urusan pekerjaan maupun liburan. Nah, berikut adalah ulasan PriceArea tentang 10 pusat oleh-oleh terbaik yang layak Anda kunjungi.

Mendekati datangnya hari raya lebaran, ada tradisi masyarakat Indonesia yang tidak pernah ketinggalan yaitu mudik. Masyarakat urban yang bekerja di kota besar seperti Jakarta akan melakukan mudik alias pulang kampung ketika hari raya tiba.

Tujuan mudik itu sendiri adalah untuk bersilahturahmi dan berkumpul kembali dengan sanak saudara untuk melepas rindu karena sudah lama tidak berjumpa. Nah, biasanya ketika mudik itu pasti membawa oleh-oleh untuk dibawa ke kampung halaman, bukan hanya pada saat mudik saja, tentunya ketika Kita akan berangkat kembali ke tempat kerja diluar kota, membawa oleh-oleh untuk dibawa kembali ke kota merupakan suatu keharusan bagi pemudik. Berikut adalah daftar pusat oleh-oleh terbaik yang layak Anda kunjungi di beberapa kota yang bisa jadi merupakan tujuan mudik Anda tahun ini.

1. Palembang

Sebagai pusat oleh-oleh terbaik yang layak Anda kunjungi urutan pertama adalah ibu kota Sumatera Selatan, kota ini memiliki beberapa oleh-oleh khas yang bisa menjadi pilihan Anda dari mulai makanan khas seperti pempek hingga kain songket yang terkenal. Salah satu pusat oleh-oleh yang bisa Anda kunjungi adalah Pasar Cinde yang ada di Jalan Jend. Sudirman.

Pasar tradisional ini merupakan tujuan belanja masyarakat lokal yang cukup direkomendasikan untuk wisatawan. Di pasar ini Anda bisa mendapatkan oleh-oleh dengan harga cukup murah untuk dibawa pulang. Selain Pasar Cinde Anda juga bisa mengunjungi Pasar 16 Ilir Barat Permai.

Pasar 16 Ilir Barat Permai Palembang
Pasar 16 Ilir Barat Permai Palembang

 

Sumber image : aliminzarkasih.blogspot.com
Kebanyakan barang di pasar ini dijual secara grosir, jadi Anda bisa mendapatkan barang dengan jumlah banyak dan harga terjangkau. Selain kedua pasar tersebut, Anda juga bisa mendatangi langsung outlet oleh-oleh terkenal seperti pempek Candy untuk membeli makanan khas Palembang ini dan juga outlet Nyenyes yang menjual souvenir khas Palembang seperti kaos dan kain songket.

2. Bandung

10 Pusat Oleh-Oleh Terbaik Yang Layak Anda Kunjungi
Pasar Kosambi Bandung

Sumber image : panoramio.com
Bandung bisa jadi tujuan mudik untuk sebagian orang. Kota yang terkenal dengan wisata belanjanya ini menawarkan banyak jenis oleh-oleh yang menarik untuk dijadikan buah tangan. Salah satu pusat oleh-oleh terbaik yang cukup terkenal di Bandung adalah Pasar Kosambi yang terletak di jalan Jendral Ahmad Yani, Bandung. Pasar ini menjual berbagai macam makanan khas Sunda. Anda bisa memilih berbagai makanan ini sesuai dengan selera dan tentunya dijual dengan harga yang pas dikantong. Selain Pasar Kosambi, Bandung juga terkenal dengan factory outlet nya yang tersebar di beberapa ruas jalan utama kota ini. Anda bisa menambah koleksi busana dengan mengunjungi outlet-outlet ini. Selain itu ada beberapa outlet makanan khas yang juga cukup terkenal untuk dijadikan referensi membeli oleh-oleh khas seperti Batagor Riri atau Pisang Bolen Kartika Sari.

3. Yogyakarta

10 Pusat Oleh-Oleh Terbaik Yang Layak Anda Kunjungi
Pasar Beringharjo Yogyakarta

Selayaknya kota kunjungan wisata yang selalu ramai dengan turis, kota Yogyakarta memiliki pusat oleh-oleh yang cukup menarik untuk dikunjungi. Pusat oleh-oleh khas Yogyakarta yang cukup terkenal berada di Jalan Malioboro. Di sepanjang area ini Anda bisa menemukan jejeran toko dan pedagang kaki lima yang menjual batik dan makanan khas Jogja. Di ujung jalan Malioboro Anda bisa menemukan Pasar Beringharjo yang merupakan pasar tradisional di Yogyakarta yang menjual makanan khas setempat dan berbagai souvenir batik dengan harga grosir dan eceran. Selain itu di sekitar area ini juga terdapat toko oleh-oleh makanan khas seperti bakpia yang sudah tersohor. Apabila Anda menyukai kerajinan keramik, Anda juga dapat mengunjungi Desa Kasongan yang mayoritas penduduknya adalah sebagai pengrajin keramik. Di desa ini Anda juga bisa melihat proses pembuatan keramik secara langsung. Selain itu, jika ingin membeli barang kerajinan khas Jogja, Anda bisa berkunjung ke Pasar Seni Gabusan yang terletak di wilayah Bantul. Pasar ini sering disebut sebagai surganya pecinta seni.

4. Solo

10 Pusat Oleh-Oleh Terbaik Yang Layak Anda Kunjungi
Pasar Gede Solo

Sumber image : kekunaan.blogspot.com
Solo juga merupakan salah satu kota yang banyak dikunjungi pemudik di libur hari raya. Letaknya yang berdekatan dengan beberapa kabupaten dan kota besar lain membuat kota ini selalu ramai pengunjung. Salah satu pusat oleh-oleh terbaik dan terkenal yang selalu dikunjungi pemudik adalah Pasar Gede. Pasar traditional yang menjual bahan-bahan makanan ini dirasa cukup mengobati kerinduan akan beberapa makanan khas solo seperti Timlo. Tak jauh dari Pasar Gede juga berderet toko-toko kuno yang menjual oleh-oleh solo legendaris yang selalu dicari. Selain Pasar Gede, Pusat Grosir Solo dan Pasar Klewer juga merupakan pusat oleh-oleh terbaik yang tak pernah sepi pengunjung. Berbeda dengan Pasar Gedhe yang menjual makanan, kedua tempat ini merupakan pusat penjualan Batik dengan berbagai bentuk dari kain, baju, celana hingga tas. Anda bisa membeli barang secara grosir untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Selain ketiga tempat tersebut, pusat penjual makanan khas Solo yaitu Serabi yang terletak di wilayah Notosuman juga selalu ramai. Walau demikian Anda tak perlu mengantre lama untuk membeli serabi dengan memesannya terlebih dahulu.

5. Semarang

10 Pusat Oleh-Oleh Terbaik Yang Layak Anda Kunjungi
Salah Satu Pusat Oleh-oleh di Kota Semarang

Sumber image : detik.com
Jika Anda akan mudik ke Semarang, ada baiknya Anda mengunjungi Kawasan Jalan Pandanaran untuk membeli oleh-oleh khas Semarang. Di tempat ini Anda bisa membeli oleh-oleh khas seperti bandeng presto dengan harga yang beragam. Selain itu terdapat pula penjual makanan khas lain seperti lumpia, wingko babat hingga tahu baso khas Ungaran. Jika Anda ingin membeli oleh-oleh, ada baiknya menanyakan terlebih dahulu mengenai masa kadaluarsa makanan yang Anda beli mengingat makanan tersebut tergolong makanan basah.

6. Surabaya

Pasar Genteng Baru Surabaya
Pasar Genteng Baru Surabaya

Sumber image :  gonla.com
Ibu kota Jawa Timur ini juga merupakan salah satu tujuan mudik hari raya. Untuk membeli oleh-oleh di kota ini, Anda dapat mengunjungi pusat oleh-oleh terbaik yakni di Pasar Genteng. Selayaknya pasar di tengah kota, tentunya akan cukup sulit untuk memperoleh tempat parkir di area ini jika Anda membawa kendaran dikarenakan ramainya pengunjung. Namun meskipun demikian, hal tersebut layak dilakukan apabila Anda dapat memperoleh oleh-oleh dengan harga murah karena di pasar ini Anda dapat melakukan tawar-menawar harga barang yang hendak Anda beli. Jadi, Anda tidak perlu khawatir masalah harga yang terlalu mahal.

7. Malang

10 Pusat Oleh-Oleh Terbaik Yang Layak Anda Kunjungi
Salah Satu Pusat Oleh-oleh di Kota Malang

Sumber image : malangkota.go.id
Kota yang terletak didataran tinggi Jawa Timur ini juga menawarkan banyak oleh-oleh khas kota Malang. Selain pemandangan pegunungannya yang indah, Anda juga dapat mengunjungi pusat oleh-oleh di Jalan Tumenggung – Malang. Disini tempat yang satu ini Anda bisa mendapatkan oleh-oleh yang khas seperti kripik buah dan kripik tempe. Semua makanan disusun rapi di toko-toko sepanjang jalan ini yang dijual dengan harga yang beragam.

8. Bali

10 Pusat Oleh-Oleh Terbaik Yang Layak Anda Kunjungi
Pasar Seni Sukawati Bali

Sumber image : taroyana.blogspot.com
Mungkin Bali bukanlah tujuan mudik yang cukup terkenal, namun di kala libur lebaran banyak orang yang tidak mudik menghabiskan waktunya untuk menikmati alam pulau Bali yang selalu memanjakan mata. Jika Anda ingin mencari oleh-oleh, Jalan Legian merupakan satu pusat oleh-oleh khas Bali yang cukup mudah ditemukan. Terletak di Kuta, Bali, Anda bisa menemukan pernak-pernik khas Pulau Dewata dijual disepanjang jalan ini. Selain Jalan Legian, Pasar Seni Sukawati juga merupakan salah satu tujuan wisata turis domestic dan asing untuk mencari oleh-oleh. Di pasar seni Anda bisa menemukan barang-barang kerajinan unik dan khas Bali. Jika Anda ingin membeli makanan khas seperti kacang disco atau keripik ceker, Jalan Sumatra patut disambangi karena area ini merupakan pusat oleh-oleh makanan khas Bali.

9. Makasar

10 Pusat Oleh-Oleh Terbaik Yang Layak Anda Kunjungi
Pasar Somba Opu Makasar

Sumber image : ayogitabisa.com
Bagi Anda yang mudik ke Pulau Sulawesi, tepatnya di Makasar, maka Pasar Somba Opu adalah tujuan yang tepat untuk membeli oleh-oleh. Kawasan ini merupakan pusat oleh-oleh terbaik di Makasar yang tidak hanya menjual oleh-oleh khas Makassar seperti minyak tawon tapi juga berderet toko emas yang menjual berbagai jenis perhiasan. Disini Anda juga bisa menemukan kain tenun sutra yang cukup bernilai untuk diberikan kepada kolega Anda. Masalah harga, Anda tak perlu khawatir, rata-rata barang yang dijual di kawasan ini dibanderol dengan harga miring.

10. Balikpapan

10 Pusat Oleh-Oleh Terbaik Yang Layak Anda Kunjungi
Pasar Inpres Kebun Sayur Balikpapan

Sumber image : Kompasiana.com
Kota yang cukup ramai di provinsi Kalimantan Timur ini menawarkan beberapa pilihan oleh-oleh yang cukup menarik. Pasar Inpres Kebun Sayur misalnya, pasar ini merupakan pusat oleh-oleh di Balikapapan yang menawarkan beragam makanan khas dan souvenir yang bisa menjadi pilihan Anda. Harga yang ditawarkan di pasar ini tergolong murah. sehingga Anda tak perlu khawatir kehabisan uang jika menyesuaikannya dengan budget yang disediakan.

Itulah daftar pusat oleh-oleh yang tersebar di seluruh Indonesia. Ada baiknya sebelum membeli oleh-oleh Anda memperhatikan masa kadaluarsanya atau kualitas barang yang Anda beli. Selain itu, faktor lain seperti menyesuaikan harga juga dapat dijadikan pertimbangan dalam membeli paket oleh-oleh apabila Anda membelinya dalam jumlah banyak.

Comments

comments