Mudik sudah menjadi tradisi dan budaya tersendiri di masyarakat Indonesia. Peristiwa mudik biasanya terjadi di hari libur panjang karena hari besar agama misalnya mudik lebaran dan mudik natal tahun baru. Namun, tidak bisa dipungkiri yang paling ramai adalah mudik saat lebaran. Hal ini karena lebaran adalah hari raya umat muslim yang notabene umat terbesar di Indonesia. Saat mudik lebaran, orang-orang yang merantau ke kota besar seperti Jakarta akan pulang ke daerah asal dan kampung halamannya. Mereka akan membawa berbagai macam oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat mereka di kampung.

Jika anda juga akan mudik saat lebaran nanti, tentunya anda harus mempersiapkan dari sekarang apa-apa saja yang harus dibawa saat mudik lebaran. Barang ataupun tersebut nantinya akan digunakan sebagai hadiah orang di kampung dan juga sebagai bekal anda di perjalanan mudik. Biasanya orang mudik dengan beberapa alternatif pilihan transportasi, baik darat, laut dan udara. Akan tetapi yang paling banyak pastilah yang melalui jalur darat baik menggunakan transportasi umum maupun kendaraan pribadi. Nah, berikut ini produk yang wajib anda miliki saat mudik lebaran.

Persiapan Ketika Mudik Lebaran

1. Tas Ransel / Koper
Mudik Lebaran
Produk yang perlu dimiliki saat mudik adalah tas ransel dan atau koper. Anda bisa memiliki keduanya atau salah satunya. Sudah jelas kiranya fungsi tas dan koper tersebut; membawa semua perlengkapan mudik anda dari mulai pakaian, oleh-oleh, dan perlengkapan lainnya. Untuk mudik dengan moda transportasi yang berbeda, hendaknya menggunakan tas dan koper yang berbeda ukuran pula. tentu saja tidak masalah ketika anda mudik naik kendaraan pribadi membawa dua atau lebih tas dan koper, tetapi saat menggunakan transportasi umum, sebaiknya membawa secukupnya saja. Banyak sekali produk tas dan koper berkualias yang anda bisa temukan di toko dan mall-mall, apalagi menjelang lebaran seperti sekarang.

2. Baju Lebaran
Hampir pasti saat lebaran, orang akan membeli baju baru. Saat anda akan mudik, anda wajib memilikinya. Bukan hanya untuk anda pakai di kampung halaman, akan tetapi juga untuk diberikan kepada sanak famili yang ada di sana. Membeli produk baju lebaran saat bulan puasa seperti ini biasanya kerap dilakukan banyak orang. Hal ini karena bulan Ramadhan saat menjelang mudik, banyak toko-toko baju yang menawarkan diskon menggiurkan. Anda bisa membeli banyak produk baju untuk lebaran dengan berbagai ukuran sesuai target anda dengan harga yang lebih murah.

3. Jam Tangan
Apa pentingnya jam tangan saat lebaran? Bukankah semua orang sudah memakainya setiap hari dan tidak harus membeli produk lagi? Kita tak perlu menjadi terlalu naif untuk tidak mengakui bahwa saat lebaran semua harus baru, termasuk juga jam tangan. Banyak orang pun yang membeli jam tangan baru saat lebaran hanya untuk menunjukan kepada kerabat di kampungnya. Akan tetapi anda juga bisa membeli jam tangan untuk hadiah orang di kampung, misalnya keponakan anda.

4. Parsel Lebaran

Mudik Lebaran

Di Indonesia juga marak dengan tradidi kirim parsel saat lebaran. Parsel sendiri merupakan sebuah paket hadiah yang berisi aneka makanan dan minuman seperti kue kering dan sirup. Ada juga parsel yang berisi baju lebaran dan sarung. Untuk member hadiah kepada orang tua dan saudara di kampung halaman, parsel bisa menjadi alternatif buat anda. Selain bentuknya yang cantik, anda pun tidak perlu repot-repot untuk memilih produknya satu per satu. Harga parsel lebaran juga terjangkau.

5. Powerbank
Saat mudik lebaran, jika anda melalui jalur darat menggunakan kendaraan pribadi maupun umum, sudah pasti menemui kemacetan (kecuali naik kereta). Kemacetan hampir selalu menjadi momok bagi pemudik yang ingin pulang kampung. Saat terjebak di kemacetan panjang, powerbank bakal menjadi sesuatu yang sangat dicari-cari. Sudah bisa dipastikan ponsel anda tidak bisa bertahan seharian tanpa di isi ulang baterainya. Apalagi saat macet penggunaan HP akan semakin sering untuk mengusir kebosanan. Untuk menghindari ponsel anda dari kekurangan pasokan energi, powerbank ini patut anda bawa. Beberapa contoh powerbank berikut patut untuk dijadikan referensi: Powerbank Unik

6. HP dengan GPS

Mudik Lebaran

Handphone? Semua orang memiliki handphone, tetapi tidak semuanya mempunyai fitur GPS di dalamnya. Sepenting apakah GPS untuk perjalanan mudik anda? Tentu anda sendiri sudah kenal dengan jalur yang akan dilalui untuk menuju kampung halaman mengingat setiap tahun anda pasti melewatinya. Nah, GPS ini sangat bermanfaat ketika jalur utama yang anda lalu terkena macet yang parah. Anda bisa mengambil jalan alternatif agar tidak lama-lama kena macet dan GPS sangat membantu anda untuk menemukannya.

Supaya mudik anda lebih menyenangkan dan tidak merepotkan, anda juga memerlukan Holder handphone yang dapat dijadikan sebagai penopang ketika handphone anda sedang dipergunakan sebagai GPS. Berikut ini adalah beberapa produk holder handphone terbaik: Holder Handphone.

7. Cemilan
Perjalanan mudik adalah perjalanan panjang yang melelahkan. Apalagi seperti kemacetan seakan sudah menjadi tradisi setiap tahunnya. Saat macet itulah saat anda memerlukan cemilan untuk mengganjal perut. Anda beruntung jika di sekitar tempat anda terjebak macet terdapat warung makan atau rest area untuk beristirahat dan mengisi perut. Tapi bayangkan jika anda terjebak macet di tengah-tengah persawahan atau hutan yang jauh dari tempat penduduk. Tentu cemilan dan makanan ringan akan sangat berguna saat itu dan itu hanya juga bisa digunakan untuk makanan pembatal puasa.

8. Softdrink

Mudik Lebaran

Selain cemilan, pasangannya adalah softdrink atau bisa disebut minuman ringan. Hawa macet di tengah-tengah kemacetan akan membuat anda merasa haus dan bahkan serasa dehidrasi. Menyiapkan softdrink sebelum berangkat mudik sangat penting untuk menghindari hal tersebut. Jika dirasa anda kuat untuk melanjutkan puasa, anda bisa menggunakan minuman ringan tersebut untuk berbuka puasa kalau-kalau pas waktu berbuka tiba anda tidak sedang berada di kawasan yang dekat dengan penjual makanan.

9. Obat-obatan
Obat-obatan sangat penting dibawa saat anda mudik. Tak bisa dipungkiri perjalanan mudik yang jauh dan melelahkan berpotensi mengganggu kesehatan anda. Penyakit yang paling sering datang karena kelelahan dan terlalu lama di jalan adalah masuk angin yang efeknya juga akan mengakibatkan mabuk perjalanan. Anda bisa membawa obat masuk angin di dalam koper untuk menghindari hal tersebut. Untuk keperluan darurat bisa juga untuk jaga-jaga anda membawa obat sakit perut dan diare. Kalau-kalau diantara anggota keluarga anda terserang diare di tengah perjalanan, anda sudah siap obatnya.

Baca Juga: Membeli Mobil Bekas Untuk Mudik; Perhatikan Hal Berikut ini

10. Kacamata Hitam
Apakah kacamata hitam juga penting? Jika anda sekeluarga membawa mobil pribadi saat mudik, pengemudi akan sangat terbantu dengan kacamata hitam. Kita tahu kacamata hitam bisa mereduksi paparan sinar matahari yang masuk dan mengenai mata sehingga mata tidak cetpat lelah. Saat berkendara siang hari, pengemudi sering silau dengan panas dan pancaran matahari yang terik. Nah, kacamata hitam akan mengurangi efek dari sinar matahari dan akan membuat nyaman perjalanan mudik anda. Bagi pengendara sepeda motor, apalagi. Biasanya pengendara tidak menggunakan helm fullface, maka dari itu mereka butuh kacamata hitam untuk melindungi mata dari sinar matahari dan debu.

Kesepuluh produk di atas menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan terutama untuk keperluan mudik. Semoga mudik anda kali ini bisa berlangsung aman dan nyaman sesuai dengan apa yang telah anda rencanakan jauh-jauh hari. Selamat bermudik ria.

Comments

comments