Fotografi bisa menjadi hobi yang menyenangkan untuk dilakukan. Menangkap berbagai macam momen dalam suatu gambar adalah sebuah seni tersendiri. Beberapa orang malah menjadikannya sebagai mata pencaharian.

Fotografi
Fotografi | http://www.technologybloggers.org/

Untuk yang juga ingin mempelajari fotografi, ada 10 kamera DSLR untuk pemula yang bisa dicoba. Ini dia daftarnya:

  1. Nikon D7100

Nikon D7100 terbaru adalah kamera yang sangat menarik dengan kombinasi sensor 24,1 megapiksel yang dikembangkan khusus. Kamera ini dirancang untuk mengambil gambar di alam terbuka, dikarenakan ia memiliki serangkaian segel anti cuaca untuk melindungi bagian terbuka yang biasanya rentan. D7100 berukuran kecil, ringan, fitur kegunaan khas Nikon, serta harga terjangkau yang membuatnya menjadi pilihan yang baik jika Anda ingin sesuatu yang up to date.

Nikon D7100
Nikon D7100

Fitur utamanya 24,1 megapiksel, sistem 51-point AF, layar LCD 3,2 inci, konstruksi dari bahan magnesium, tahan cuaca, dan baterai yang baik. Cocok untuk siapapun yang serius dengan fotografi dan menuntut hasil terbaik dari kamera tangguh yang tahan lama untuk segala medan.

[listingterkait judul=’Kamera DSLR’]

  1. Canon EOS 700D

DSLR terbaru lainnnya dari jajaran Canon dan sama seperti 100D adalah Canon EOS 700D yang kompak serta ringan. Hal tersebut tentunya akan langsung menarik perhatian para fotografer yang menginginkan kualitas, bukan sakit punggung akibat terlalu sering membawa banyak perlengkapan memotret. EOS 700D merupakan kamera yang memiliki tampilan menarik dan ditunjang dengan fitur khas Canon, seperti Creative Filters dan kemampuan merekam video Full HD. Foto yang dihasilkan juga lebih baik berkat banyaknya fitur pre-sets-nya.

Canon EOS 700D
Canon EOS 700D

Fitur utamanya resolusi 18,0 megapiksel, prosesor DIGIC 5, Creative Filters, LCD Vari-angle, dan video Full HD. Cocok untuk mereka yang senang langsung memotret daripada harus mengutak-atik mode manual yang rumit dan menyulitkan.

  1. Canon EOS 5D

Anda harus merogoh kocek cukup dalam untuk 5D MK III hingga Rp. 16.830.000dan Anda masih harus membeli lensa tambahan. Namun pengeluaran tersebut tidak akan sia-sia jika Anda mencari kesempurnaan gambar. Kamera ini memiliki sejumlah besar fitur, ditambah dengan spesifikasi yang memungkinkan Anda untuk mengambil foto dari segala kondisi yang rumit, seperti dalam kondisi pencahayaan yang kurang baik hingga foto kreatif seperti High Dynamic Range. Perekam video 1080 HD-nya juga sangat mengesankan, sementara autofocus 61-point yang canggih akan membuat Anda tidak bisa berhenti mengambil foto.

Canon EOS 5D
Canon EOS 5D

Fitur utama resolusi 22,3 megapiksel, sensor full frame, prosesor DIGIC 5, perekam video Full HD, mode HDR yang baik, dan layar LCD 3,2 inci. Cocok untuk siapa saja yang tidak takut untuk mengeksplorasi opsi pengambilan gambar untuk foto yang luar biasa.

  1. Canon EOS 100D

Canon EOS 100D versi terbaru adalah APS-C DSLR. Saat ini masih belum diproduksi dan sedang dalam pengembangan. Dengan fitur panduan yang ringkas serta ditambah tampilan layar sentuh yang mengagumkan, kamera ini mampu menghasilkan foto dan video HD yang berkualitas. Ditunjang dengan jajaran lensa yang bervariasi, membuat EOS 100D menjadi kamera unggulan.

Canon EOS 100D
Canon EOS 100D

Fitur utamanya resolusi 18,0 megapiksel, LCD layar sentuh vari-angel, video Full HD, Creative Filters, dan tampilan panduan built-in. Cocok untuk fotografer pemula yang membutuhkan DSLR yang baik dan mudah digunakan dengan spesifikasi yang lengkap.

  1. Nikon D3200

Nikon D3200 seharga Rp. 4 jutaan ini memang tidak memiliki kelebihan seperti para pesaingnya yang lebih mahal, tapi kamera ini lebih murah dan dilengkapi dengan panduan sederhana yang dapat Anda pilih dari Guide Mode. D3200 memiliki desain yang cantik dan lebih ramping dibandingkan DSLR lainnya, sementara sensornya yang berukuran 24,2 megapiksel akan menangkap semua gambar berkualitas kapan pun Anda menginginkannya.

Nikon D3200
Nikon D3200

Tampilan utamanya 24,4 megapiksel, fitur Guide Mode, mode D-movie, video Full HD, serta adapter wireless mobile. Cocok untuk mereka yang membutuhkan bantuan, ingin mendapatkan kualitas gambar yang sempurna, dan bentuknya yang ramping.

  1. Pentax K-5 II

Pentax K-5 II adalah kamera DSLR berpenampilan menawan yang dapat dijadikan pilihan jika Anda tidak ingin menggunakan Canon atau Nikon. Bersama dengan desain berkelas dan kualitas konstruksi yang meyakinkan, K-5 II terbukti sangat gesit, mudah untuk digunakan berkat perbaikan dari versi sebelumnya, sistem autofocus super cepat, dan pengaturan yang halus lainnya. Secara keseluruhan, kamera ini adalah pilihan yang baik jika Anda ingin mengambil foto dalam segala cuaca.

Pentax K-5 II
Pentax K-5 II

Fitur utamanya 16,3 megapixel, layar LCD 3 inci, video Full HD, sistem anti getaran, dan tahan segala cuaca. Cocok untuk fotografer yang menginginkan DSLR yang mudah digunakan serta mampu mengambil foto terbaik.

  1. Canon EOS 60D

Dibanderol seharga RP. 7.930.000, Canon EOS 60D dikenal dengan kualitas DSLR kelas menengahnya. Meski harganya cukup tinggi, kualitas foto yang dihasilkan cukup mumpuni, begitu juga dengan kualitas video HD-nya yang mengagumkan. Kamera ini menggunakan pelindung yang tahan lama dan menarik, ditambah dengan layar LCD-nya yang bisa diputar makin menambah kekaguman. Dengan semua fitur yang dimilikinya, EOS 60D membuat Anda dapat mengambil gambar dengan mudah, meski Anda harus bersabar agar bisa mendapatkan gambar terbaik dari semua kontrol terbarunya.

Canon EOS 60D
Canon EOS 60D

Fitur utamanya resolusi 18 megapiksel, layar LCD yang bisa diputar, video Full HD, fitur in-camera editing, dan kontrol flash nirkabel. Cocok untuk orang yang tertarik untuk meningkatkan kemampuan mereka dengan fitur menantang yang memberikan hasil luar biasa.

  1. Sony Alpha A57

Sony menawarkan hal baru berkat DSLR Single Lens Translucent-nya atau kamera SLT A57 yang kokoh dengan harga yang tidak terlalu mahal melalui Sony Alpha A57. Kualitas pembuatannya sangat baik dan ada banyak kontrol yang beberapa di antaranya dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan Anda. Fitur Electronic Viewfinder tentu akan menarik bagi beberapa orang, seperti halnya layar LCD yang benar-benar efektif dalam kondisi yang menantang.

Sony Alpha A57
Sony Alpha A57

Fitur utamanya 16,1 megapiksel, sensor Exmoor APS HD CMS, Electronic Viewfinder, video Full HD, dan layar putar TruBlack 3 inci. Cocok untuk orang yang ingin kamera berkinerja responsif dan lebih memilih EVF yang sangat cocok dengan jajaran lensa A-mount Sony.

  1. Nikon D800

Nikon D800 adalah DSLR full-on yang akan menjadi kamera yang menggiurkan dan tak tertahankan karena potensi pengambilan gambarnya. Sensor berukuran besarnya akan membantu pengambilan gambar untuk menghasilkan foto yang luar biasa. Dijual seharga Rp. 26.940.000, D800 berukuran agak besar yang dibuat untuk bisa bertahan lama dan memiliki seperangkat fitur yang komprehensif serta menarik bagi siapapun yang mencintai fotografi.

Nikon D800
Nikon D800

Fitur utamanya 36, 3 megapixel, prosesor EXPEED 3, layar LCD 3,2 inci, video Full HD 1080p, bodi magnesium alloy, dan desain kasar. Cocok untuk para pemula yang ingin memanfaatkan opsi pemotretan yang tersedia tanpa batas.

  1. Nikon D5100

Jika Anda memilih Nikon D5100, maka Anda membeli salah satu dari DSLR termurah di pasar. Selain itu, kamera tersebut juga sangat fleksibel dan sangat mudah digunakan berkat desain intuitif dan kontrol yang sederhana, dilengkapi dengan layar belakang yang jelas dan jernih yang membuatnya sangat praktis, serta moda filmnya juga sangat mengesankan. Sedangkan desain dan konstruksi membuatnya menjadi kamera yang sempurna untuk penggemar fotografi di mana saja. Moda efek khususnya juga akan menambahkan sentuhan yang menyenangkan.

Nikon D5100
Nikon D5100

Fitur utama: 16.2 megapixel, mesin pengolahan EXPEED, video Full HD 1080p, layar LCD vari-angle 3 inci, dan desain ringan. Cocok untuk Anda yang sedang mencari harga terbaik dan DSLR pemula yang kokoh, meski mungkin ada kamera yang lebih kuat di luar sana.[adsense2]

Comments

comments