Makan makanan enak tentu membuat kita merasa kenyang dan puas dengan rasa yang dimiliki dari makanan tersebut, tak ayal beberapa orang memilih untuk menggandakan porsi ketika bertemu makanan enak. Apalagi saat buka puasa usai menjalani ibadah puasa, sayangnya aturan sehat tak bisa seperti itu, enak ataupun tidak usahakan makan dengan porsi cukup saja, apalagi saat menjalani ibadah puasa, percaya atau tidak, 10 jenis makanan ini wajib dihindari untuk berbuka puasa. Penasaran? Simak selengkapnya.

10 Jenis Makanan ini Wajib Dihindari untuk Berbuka Puasa
Ilustrasi-Makan-Berbuka-Puasa-Umat-Muslim-Iran

Jika Anda pernah mendengar untuk sebisa mungkin mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna maka, itu memang benar adanya, ketika usia belasan, beranjak remaja kemudian dewasa makna kesehatan lewat makanan belum terlampau terasa tentu, namun setelah di usia 20an tahun maka dampak dari makanan yang kurang sehat perlahan terlihat dengan beberapa keluhan sakit di bagian tertentu seperti perut, persendian dan sakit kepala pada umumnya.

Nah, saat puasa, meski memiliki fisik yang cenderung lemah, namun disatu sisi kolesterol jahat serta kandungan toxin dalam tubuh yang berlebih dan merugikan tubuh akan perlahan tereliminasi. Dan semua tentu kembali lagi dari niat puasa yang Anda miliki, jika ingin lebih sehat maka konsumsi makanan yang menjadi asupan saat berbuka dan sahur juga lebih diperhatikan kembali.

Saat Puasa 10 Jenis Makanan Ini Wajib Dihindari

Nah, terkait dengan kandungan nutrisi serta beberapa hal yang membahayakan tubuh terutama bagian pencernaan ketika makan makanan dengan kandungan gizi berlebih atau kandungan asam dan kolesterol yang terlampau tinggi maka 10 jenis makanan ini wajib dihindari untuk berbuka puasa.

1.Sayuran

10 Jenis Makanan ini Wajib Dihindari untuk Berbuka Puasa
Sayuran

Urutan pertama dari 10 jenis makanan ini wajib dihindari untuk berbuka puasa, tapi mengapa sayur juga dihindari? Alasannya tidak semua jenis sayuran tentu saja, ada beberapa seperti kol, kubis, brokoli dan bawang (Karena sayuran jenis ini memiliki kandungan asamnya cukup tinggi).

2. Buah Berkadar Asam Tinggi

10 Jenis Makanan ini Wajib Dihindari untuk Berbuka Puasa
Buah-Pilihan-Kadar-Asam-TInggi

Buah-buahan yang rasanya asam bisa membuat asam lambung semakin bertambah (banjir). Jenis buah yang tergolong asam adalah jeruk, lemon, dan anggur.

3. Lauk – pauk Lemak Tinggi

10 Jenis Makanan ini Wajib Dihindari untuk Berbuka Puasa
Makanan-Berlemak

Nah, inilah yang lauk-pauk yang mengandung kadar lemak dan minyak yang tinggi juga bisa memicu meningkatnya asam lambung (Contoh daging sapi, dan aneka gorengan). Jadi bagi anda penggemar jenis makanan ini sebaiknya anda membatasinya (jangan sampai berlebih) karena 10 jenis makanan ini wajib dihindari untuk berbuka puasa.

4. Keju

10 Jenis Makanan ini Wajib Dihindari untuk Berbuka Puasa
Keju

Wah, rupanya keju sebagai makanan yang kerap dikonsumsi orang eropa sebagai kudapan atau sarapan yang dicampur dengan beberapa bahan makanan ini cukup membahayakan lambung jika terlalu banyak dan dikonsumsi setelah sebelumnya lambung kosong lebih dari 10 jam.

5. Coklat

10 Jenis Makanan ini Wajib Dihindari untuk Berbuka Puasa
Cokelat

Wow, ternyata makanan favorit banyak orang ini menjadi salah satu pemicu rusaknya lambung, jika lambung anda telah terisi sebelumnya dengan makanan mungkin tak masalah namaun jika belum, maka jangan konsumsi terlalu banyak.

6. Makanan Pedas

10 Jenis Makanan ini Wajib Dihindari untuk Berbuka Puasa
Makanan-Pedas

Makanan ini sudah pasti cukup diperhatikan, dan pasti semua setuju kalau ini memang harus dihindari, karena makanan pedas juga dapat meningkatkan produktivitas asam lambung.

7. Makanan Banyak Mengandung Lada

10 Jenis Makanan ini Wajib Dihindari untuk Berbuka Puasa
Lada-Bumbu-Masak-Pedas

Hal ini tentu sama dengan makanan pedas yang dikonsumsi saat lambung tak terisi selama lebih dari 10 jam, hasilnya jika Anda mengkonsumsi itu tubuh Anda akan mengolah dan gejala yang Anda alami bisa pusing bahkan hingga pingsan. Pantas saja jika urutan ke 7 dari 10 jenis makanan ini wajib dihindari untuk berbuka puasa.

8. Permen karet

10 Jenis Makanan ini Wajib Dihindari untuk Berbuka Puasa
Permen-Karet

Tak disangka ternyata permen karet memiliki efek yang bisa menyebabkan asam lambung meningkat, ketika Anda mengunyah dalam waktu lama maka cairan akan terus keluar dan mengakibatkan asam lambung yang kosong akan rusak.

9. Minuman Alkohol dan Soda

10 Jenis Makanan ini Wajib Dihindari untuk Berbuka Puasa
Minuman Alkohol dan Bersoda

Jenis minuman ini banyak sekali jenisnya seperti soft drink dan segala jenis miras dan bir. Selain cairan soda memiliki kadar asam cukup keras maka sebaiknya jangan mengkonsumsi minuman jenis ini.

10. Minuman Kafein Tinggi

10 Jenis Makanan ini Wajib Dihindari untuk Berbuka Puasa
Minuman-Kopi-Kafein-Tinggi

Kopi merupakan jenis minuman mengandung kafein tinggi, kafein pada kopi juga tidak baik untuk lambung kita terlebih saat perut kosong lebih dari 14 jam yang secara spontan akan memicu produksi asam lambung yang berlebih sehingga akan membuat kita merasa mual.

Nah, sekarang Anda tentu telah mengetahui bahwa 10 jenis makanan ini wajib dihindari untuk berbuka puasa. Tapi jangan serta merta jenis makanan yang tertera harus Anda hindari, sayuran misalnya, secara umum jenis makanan ini sangat baik untuk menyeimbangkan kandungan serat dalam tubuh dan mengontrol kolesterol jahat, namun ada beberapa jenis sayuran yang cukup berbahaya ketika dikonsumsi saat perut lama tak terisi makanan atau berbuka saat menjalankan ibadah puasa 2014.

7 Resep Jitu Anti Lemas Ketika Puasa

Ketika tubuh tak diisi oleh berbagai makanan sebagai kebutuhan keseharian tubuh, tentu punya dampak tersendiri, salah satunya adalah lemas, itu pasti. Nah, agar tak mengalami hal seperti itu PriceArea memiliki 7 resep jitu anti lemas ketika puasa, berikut cara yang bisa Anda jajal;

Apakah Anda suka lemas saat menjalankan ibadah puasa? Berikut ini 7 resep anti lemas saat berpuasa yang dapat Anda coba:

Atur Pola Makan

10 Jenis Makanan ini Wajib Dihindari untuk Berbuka Puasa
Atur-Pola-Makan

Kuncinya adalah, jangan terlalu banyak  mengkonsumi makan saat berbuka, konsumsi makanan berat selepas tarawih, dan jangan melewatkan sarapan sahur. Tapi disamping itu banyak hal yang bisa dipetik sebagai makna.

Menu Berbuka

10 Jenis Makanan ini Wajib Dihindari untuk Berbuka Puasa
Makanan-Berbuka-Puasa

Setelah berpuasa selama 14 jam, kadar glukosa akan semakin sedikit menjelang buka puasa. Karena itu, saat berbuka kita butuh  makanan yang bisa menaikkan gula darah dengan cepat. Pilih makanan manis namun tidak tinggi gula seperti kurma, air kelapa murni, susu, atau segelas jus.

Makanan atau minuman manis juga baik untuk berbuka puasa. Namun gunakan gula aren atau madu sebagai pemanis, jangan gula pasir atau gula diet yang mengandung aspartan. Buah pisang bagus untuk berbuka karena pisang adalah sumber kalium, magnesium, dan karbohidrat.

Setelah berbuka, meminum takjil (manisan), sebaiknya jangan langsung makan nasi atau makanan berat lainnya. Perut butuh istirahat untuk menyesuaikan diri. Selama waktu istirahat, Anda bisa menjalankan shalat Maghrib terlebih dahulu.

Menu Setelah Tarawih

10 Jenis Makanan ini Wajib Dihindari untuk Berbuka Puasa
Rawon-Sebagai-Makanan-Usai-Sholat-Tarawih

Makanan besar atau menu utama, sebaiknya dikonsumsi setelah pencernaan beristirahat atau sekitar 30 menit setelah berbuka. Menu berbuka seharusnya mengandung karbohidrat, vitamin, lemak, protein, dan mineral. Nasi merah, sayuran dan buah-buahan cocok untuk menu berbuka. Hindari makanan yang tinggi kalori dan berlemak tinggi seperti makanan bersantan, gulai, atau gorengan.

Menu Sahur

10 Jenis Makanan ini Wajib Dihindari untuk Berbuka Puasa
Menu-Santap-Sahur

Jangan lewatkan makan, pilih menu utama yang terdiri dari karbohidrat kompleks seperti nasi merah, ubi, spageti, roti gandum, oatmeal, atau bubur kacang hijau dengan gula aren.  Jenis karbohidrat ini lebih tahan lama dalam membuat gula darah stabil, sehingga mood menjadi relatif lebih baik.

Nasi merah kaya nutrisi dan padat serat. Nasi merah juga mengandung karbohidrat kompleks yang dicerna secara bertahap sehingga membantu tubuh mempertahankan rasa kenyang yang lebih lama sehingga kita tidak mudah lapar saat puasa.

Hindari makanan berlemak karena hormon insulin tubuh akan berlebihan. Insulin akan mempercepat turunnya kadar gula darah dan ini membuat Anda cepat lapar.

Sebagai penutup minum air secukupnya, buah-buahan, jus buah tanpa gula atau air kelapa. Karena ketika tidur tubuh kita kehilangan berat 1-2 kg, dan itu adalah air, batasi asupan teh dan kopi karena dua asupan ini membuat metabolisme berjalan cepat sehingga cepat haus.

Makan dengan Porsi Normal

10 Jenis Makanan ini Wajib Dihindari untuk Berbuka Puasa
Bukan-Porsi-Makan-Normal

Makanlah dengan porsi normal, seperti hari-hari biasanya. Makan yang berlebihan akan membuat perut kekenyangan dan tidak nyaman. Asupan makanan yang terlalu banyak, juga bisa membuat tubuh dehidrasi lebih cepat. Juga jangan makan terlalu sedikit, karena tubuh akan kekurangan cadangan energi sehingga tubuh bisa lemas dan sulit berkonsentrasi kerja.

Tidur Cukup

10 Jenis Makanan ini Wajib Dihindari untuk Berbuka Puasa
Tidur-Cukup

Dalam banyak kasus, orang mengantuk saat puasa bukan karena tidak makan tetapi karena kurang tidur.  Dengan tidur yang cukup dan polanya teratur, puasa tidak perlu jadi alasan untuk mengantuk. Selain itu kebanyakan tidur juga bisa membuat tubuh menjadi lemas.

Aktifitas Fisik

10 Jenis Makanan ini Wajib Dihindari untuk Berbuka Puasa
Olahraga

Tetap melakukan aktifitas fisik yang ringan dan berolaraga teratur. Berolahraga kecil di depan rumah setelah sholat subuh sambil menghirup udara segar akan membuat tubuh lebih segar dan bugar.

Comments

comments