Di zaman yang sudah maju dan canggih seperti sekarang, mungkin handphone seperti Nokia 3310 atau 1100 dan beberapa handphone monochrome dan monophonic lainnya sudah tidak ada lagi. Ya, di zaman ponsel pintar sekarang ini, ponsel jadul sudah menjadi sejarah. Bagi anda yang mengalami era 90an dan awal 2000an, mungkin pernah melihat ataupun memiliki handphone jadul yang sekarang sudah jadi legenda tersebut.

Dari segi fitur, jelas sekali ponsel sekarang jauh lebih lengkap daripada handphone-handphone jadul tersebut. Namun, bukan berarti tak ada yang bisa dikenang dari HP yang sempat popular dimasanya itu. Nah, bagi anda yang ingin melihat kembali atau flashback ke tahun-tahun kejayaan ponsel tersebut, berikut kami berikan ulasan mengenai hal-hal yang biasa dilakukan dengan handphone jadul di masanya:

Nostalgia Tren Handphone Jadul

1. Setia dengan Nomor yang Dimiliki

Handphone Jadul

Jaman dulu, orang akan berpikir sampai puluhan kali untuk mengganti nomor HPnya dengan yang baru. Bukan apa-apa, haga kartu perdana di tahun-tahun itu memang sangat jauh berbeda dengan hari ini. Bayangkan, untuk memiliki kartu perdana dari suatu operator, anda harus membeli dengan harga 350 hingga 500 ribuan, bandingkan dengan harga kartu perdana hari ini yang paling-paling hanya berkisar di 2 ribu atau 3 ribu perak.

2. Ganti-Ganti Casing

Handphone Jadul

Hal yang tidak bisa dilakukan dengan ponsel sekarang namun marak dilakukan oleh orang pada HP jaman dulu adalah ‘gonta ganti’ casing HP. Ya, zaman dulu, untuk setiap tipe HP, banyak sekali pilihan casing yang dijual di konter-konter. Dengan pilihan yang beragam, orang bisa memiliki dua atau lebih casing untuk setiap HP. Pada ponsel sekarang, hal itu hanya dapat dilakukan oleh beberapa ponsel saja. Kebanyakan ponsel pintar saat ini justru memiliki bentuk unibody sehingga jauh lebih sulit untuk melepas casingnya.

3. Bikin Ringtone Sendiri

Handphone Jadul

Di HP-HP yang masih monophonic dulu, anda bisa membuat ringtone sendiri dengan menggunakan fitur komposer yang tersedia di HP anda. Tentunya anda ingat dengan tipe HP Nokia 3315 atau yang lainnya yang dapat digunakan untuk membuat ringtone. Hal itu adalah kegiatan yang asyik yang tidak bisa dilakukan dengan handphone sekarang.

4. Ganti Logo Operator

Handphone Jadul

Mengganti logo operator bisa dilakukan di HP yang masih monochrome ataupun yang sudah menggunakan OS Symbian. Ada dua cara untuk melakukan ini yaitu dengan membuatnya melalui PC ataupun SMS ke penyedia konten tersebut (biayanya sekitar Rp. 2000). Jadilah logo operator Handphone menjadi seperti yang kita inginkan.

5. Kirim SMS Gambar

Hari pesan gambar bisa dibuat dengan mudah menggunakan aplikasi instant message, seperti Line, WhatsApp, atau BBM. Tapi di zaman dulu, untuk membuat SMS bergambar diperlukan kreatifitas yang tinggi untuk menggabungkan beberapa karakter sehingga membentuk sebuah gambar. Hal inilah yang menjadi keunikan tersendiri dan tidak bisa dilupakan dari handphone jadul.

[adsense2]

Comments

comments