Di zaman yang sudah serba canggih ini rasanya bakal dibilang “kudet” alias kurang update kalau tidak punya gadget. Bahkan saat ini gadget bervariasi sekali, mulai dari smartphone, PC, laptop, netbook, dan yang paling gress adalah tablet. Untuk menghindari kesalahan dalam memilih kemudian membeli, ada 10 hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli tablet di 2014, berikut ulasannya.

10 Hal Yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Membeli Tablet  di 2014
Berbagai-Jenis-Tablet

Tapi sebelum itu, munculnya barang-barang elektronik saat ini sepertinya memang sengaja diciptakan untuk memudahkan kebutuhan kita sehari-hari mulai dari pengaturan jadwal kerja, pengingat waktu, hingga apliksai lain yang dianggap perlu sebagai pendukung aktivitas agar lebih optimal.

Tak hanya itu, jenis materialnya yang ringan dan ukurannya yang pas untuk dimasukkan ke dalam tas tentu membuat perangkat ini semakin banyak peminat mulai dari balita hingga dewasa. Anda tentu tak jarang menemui bocah balita sedang menggunakan tablet, nah, itu merupakan era teknologi yang saat ini telah singgah di usia dini. Melihat hal itu maka setiap vendor boleh dikatakan hampir semua perusahaan elektronik berlomba-lomba untuk menciptakan tablet dengan harga murah untuk menarik konsumen sebanyak-banyaknya, termasuk balita.

Berikut adalah 10 hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli tablet di 2014;

Display

Apabila Anda menemukan fitur Capacitive Display yang banyak terdapat pada tablet asal produsen elektronik China, sebaiknya Anda menghindarinya. Mengapa? Alasannya adalah karena fitur tersebut memiliki sensor sentuh yang lambat, karena pada prinsipnya teknologi capacitive menjadi dasar sensitivitas layar saat kita menyentuhnya. Tentu saja kita tidak ingin dibuat jengkel dengan menunggu tablet beroperasi lama, apalagi di waktu kita sedang terburu-buru. Carilah tablet dengan sensor sensitivitas yang tinggi bagi Anda yang memiliki tingkat mobilitas yang juga tinggi.

Kamera

Untuk mendukung jumlah penggemar seni fotografi akhir-akhir ini sedang meningkat, tablet pun kini dilengkapi pula dengan fitur kamera. Jika Anda menginginkan hasil gambar yang jernih dan tajam, pilihlah tablet dengan resolusi kamera dia atas 3MP. Beberapa tablet pun dilengkapi dengan front camera yang cukup bagus, sehingga Anda dapat ber-‘selfie’ ria sendiri ataupun dengan teman dan keluarga tanpa perlu bersusah payah mencari posisi kamera dengan primary camera yang pas agar dapat mengambil semua objek.

Resolusi Layar

Seiring berkembangnya teknologi, tampilan layar gadget pun semakin jernih dan tajam. ‘Pelaku’ yang mendukung tajamnya tampilan tersebut tidak lain adalah ukuran resolusi layar. Dahulu handphone hanya memiliki layar hitam putih dengan resolusi layar monochrome graphic dan sekarang sudah menggunakan pixel. Semakin rapat ukuran pixelnya, semakin jernih dan tajam pula gambar pada layar tablet Anda.

Besarnya resolusi layar tablet sebaiknya disesuaikan dengan besarmya tablet agar mendapatkan hasil yang maksimal. Resolusi layar yang tepat untuk rata-rata tablet adalah 1.024 x 768. Saat ini resolusi 800 x 480 sudah tidak mendukung lagi untuk tablet, bahkan untuk smartphone yang memiliki layar lebih kecil.

Kekuatan Performa

Ketika sudah mempertimbangkan ukuran resolusi layar, kemudian Anda harus berlanjut kepada performa yang terdapat pada tablet yang akan Anda beli. Dua fitur yang paling penting untuk mendukung resolusi layar agar performa tablet lebih sempurna adalah prosesor dan RAM. Kedua fitur tersebut juga saling berhubungan. Misalnya saja untuk beberapa aplikasi di Android yang banyak ‘menghisap’ tenaga, seperti games dan aplikasi chat, memerlukan setidaknya RAM sebesar 512MB dan prosesor minimal 1 Ghz. Jika Anda memilih RAM dan prosesor di bawah itu, maka tablet Anda akan beroperasi bagaikan siput.

Sistem Operasi

Dalam ulasan ini PriceArea menjabarkan urutan ke empat ini, terdapat 4 sistem operasi yang tersedia untuk tablet yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan dan budget. Keempat sistem operasi tersebut adalah Android OS, iOS, Blackberry OS, dan Windows OS. Android adalah yang paling umum digunakan terutama untuk tablet murah, karena operasi sistemnya yang gratis. Sesuaikan sistem operasi dengan besarnya RAM dan prosesor agar tablet Anda nanti beroperasi dengan lancar tanpa harus menunggu untuk buffering. Untuk contohnya adalah jika RAM dan prosesor yang tersedia tidak cukup besar, maka lebih baik Anda memilih Android dengan sistem operasi Gingger Bread agar lebih cepat, lebih stabil, dan tidak menghisap baterai lebih cepat.

Ketersediaan Update

Setiap system operasi pastinya akan dilakukan update untuk meningkatkan kinerja gadget. Oleh karena itu lebih baik Anda melakukan pengecekan apakah tablet yang akan Anda beli nantinya tersedia update frimware. Anda akan menemui beberapa halangan ketika firmware tablet Anda tidak dapat diupdate, seperti tidak dapat menggunakan wifi, front camera yang kadang tidak terdeteksi, dan gangguan konektivitisan Bluetooth.

Konektivitas

Tablet harga murah memang banyak dijual di pasaran. Namun, harga murah tersebut juga memiliki konsekuensi beberapa fitur yang tidak lengkap, contohnya adalah tidak adanya fitur koneksi 3G. Apabila tidak ada fitur itu, maka kita hanya dapat mengandalkan koneksi wifi yang tentu saja menyebabkan kita tidak dapat menikmati menggunakan tablet kita setiap saat. Untuk mempertimbangkan hal ini, semua kembali pada kebutuhan kita masing-masing, apakah ingin selalu menikmati browsing di dunia maya atau hanya untuk beberapa kebutuhan tertentu saja.

Purna Jual

Sebaik apapun kita menjaga dan merawat tablet kita, terkadang ada saja kejadian tak terduga yang menyebabkan kerusakan. Jika Anda ingin keselamatan tablet Anda terjamin, telitilah dahulu latar belakangnya. Dalam ulasan ini Kami memberikan dua tips mudah yakni memastikan pertanggungjawaban dari jaringan purna jual dan apakah nantinya vendor akan mengganti kerusakan tablet atau tidak.

Garansi

Masih melanjutkan pada ulasan selanjutnya tentang ketersediaan garansi produk. Berbeda merk tablet, berbeda pula periode garansinya. Umumnya vendor memberikan garansi selama 1 tahun untuk sparepart dan service, tapi ada juga yang memberikan garansi hanya 3 atau 1 bulan saja.

Harga

Besarnya harga tentu saja berdasarkan pada kelengkapan fitur yang tersedia. Hal yang wajib dipertimbangkan adalah apa saja fitur yang Anda butuhkan dalam sebuah tablet. Seorang gamers pastinya membutuhkan RAM besar dan Prosesor yang cepat karena aplikasi game yang banyak menghabiskan space pada storage. Kalau Anda hanya akan menggunakan tablet untuk berinternet dan telepon, Anda dapat memilih tablet yang difasilitasi dengan jaringan 3G atau 3.5G. Sedangkan jika Anda hanya menggunakan tablet untuk mengetik, maka carilah tablet dengan harga murah, disertai keyboard, memiliki periode garansi lama, dan tidak di support dengan RAM besar dan prosesor cepat.

10 Hal Yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Membeli Tablet  di 2014
Aplikasi-Tablet-Internet

Terlepas dari 10 hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli tablet di 2014, ada satu hal yang tak kalah penting yakni ketelitian sebelum membeli adalah kunci utama untuk mendapatkan sebuah produk yang berkualitas dan sesuai kebutuhan. Jangan hanya bergantung pada merk ataupun model yang menarik tapi fitur dan fasilitasnya tidak sesuai harapan Anda, karena sebagai konsumen kita berhak mendapatkan produk yang terbaik dengan harga yang pas. Ada baiknya untuk terlebih dulu bandingkan mana yang terbaik lewat http://www.pricearea.com/result/tablet, selamat memilih dan membeli, semoga bermanfaat.

Comments

comments