[adsense]Android KitKat versi 4.4 sudah meluncur beberapa waktu lalu dengan Google Nexus 5 menjadi smartphone pertama yang didukung olehnya. Operating System terbaru ini seharusnya akan mendukung lebih dari 1 miliar smartphone dan tablet yang lebih tua. Hanya membutuhkan lebih sedikit memori, KitKat sudah dapat beroperasi pada perangkat entry-level yang memiliki setidaknya RAM 512MB. OS berlogo cokelat KitKat ini memiliki sejumlah perangkat tambahan dan perbaikan aplikasi terbaik. Berikut adalah daftar 10 fitur menakjubkan di Android KitKat.

Android-Kit-Kat
Android-Kit-Kat | http://www.buzzooka.in/

1. Full-Screen Album dan Movie Art Combined With Controls

Ketika sedang memainkan streaming musik atau memproyeksikan film ke Google Chromecast dari perangkat KitKat, Anda bisa melihat full-screen album dan Movie art di tampilannya. Pada saat keadaan layar terkunci (lock screen) akan ada kontrol yang memungkinkan Anda untuk memutar (Play), menghentikan sementara (Pause), serta melompat ke lagu atau bab film selanjutnya.

2. “Ok Google”

Anda tidak perlu lagi menyentuh layar untuk melakukan pencarian, mengirim teks, mencari arah, atau memutar musik. Bila Anda sedang berada di layar awal (home screen) atau memiliki aplikasi Google Now, Anda cukup mengatakan “Ok Google” diikuti dengan perintah untuk melakukan salah satu dari tugas-tugas yang diinginkan. Misalnya, Anda dapat mengatakan perintah seperti “Ok Google, where is the closest McDonalds.” atau “Ok Google, play Rihanna.” Praktis sekali, ya? [listingterkait judul=’Android KitKat’]

3. Immersive Display

Dalam versi Android sebelumnya, status bar dan tombol navigasi tetap muncul di layar saat Anda sedang bermain game atau menonton film. Jadi Agar tidak mengganggu, pada versi terbaru ini telah ditambahkan sebuah fitur untuk menyembunyikan status bar dan tombol navigasi agar tampilan Android Anda bisa benar-benar full screen.

4. Enhanced Caller ID

Orang-orang memiliki kecenderungan untuk mengabaikan panggilan dari nomor telepon yang tidak dikenali. Ketika Anda menerima panggilan dari nomor yang tidak ada di dalam Kontak Anda, maka Android KitKat akan mencoba untuk mengambil informasi Caller ID dari daftar lokal dalam Google Maps. Fitur tersebut bisa sangat berguna bagi orang-orang yang memiliki keluarga dan teman-teman yang menelepon dari nomor tempat mereka bekerja. Misalnya saja, Anda mendapat nomor dari 0274-6678xxx, nah Google akan memberitahu di mana lokasi dan tempat perusahaan si penelepon ini.

5. Message Consolidation

Fitur SMS, MMS, Panggilan video, dan Google Hangouts chat telah digabungkan dalam satu aplikasi. Aplikasi Android KitKat Messagess juga mendukung share-location dan mengirimkan animasi GIF ke teman Anda, hampir mirip pada aplikasi iMessage pada iOS. Bedanya, pada iMessage kita tidak bisa mengirim gambar gambar format GIF.

Message Consolidation
Message Consolidation

6. Step Detector dan Step Counter

Bagi Anda yang sangat peduli akan kesehatan, sudah ada detektor langkah dan penghitung langkah. Jadi bila ada aplikasi yang berhubungan dengan kebugaran/fitness, fitur tersebut dapat melacak ketika Anda sedang berjalan, berlari, dan memanjat tangga menggunakan input accelerometer. Penghitung Langkah ini akan melacak jumlah langkah sejak terakhir Anda me-restart perangkat Anda. Aplikasi Runtastic Pedometer menggunakan Step Detektor dan Step Counter untuk melacak apakah Anda sudah melakukan 10.000 langkah per hari yang direkomendasikan untuk mempertahankan gaya hidup sehat.

7. Emojis

Google telah menambahkan Emojis ke Keyboard Android KitKat. Emoji adalah istilah Jepang untuk ideogram dan smiley yang digunakan dalam pesan teks dan website. Anda dapat menambah isi pesan Anda dengan menempatkan smiley, mobil, hewan, dan ikon menarik lainnya dengan fitur ini. Meski meniru pada iOS keyboard, tapi masih sah saja selama itu tidak melanggar hak cipta.

8. Quickoffice

Google Quickoffice akan terinstal dengan Android KitKat. Aplikasi ini mendukung pengeditan dokumen, spreadsheet, dan presentasi yang dibuat dengan Microsoft Office atau Google Docs. Ketika Anda login ke Quickoffice menggunakan akun Google Anda, akan ditampilkan dokumen yang telah tersimpan dalam Google Docs dan akun Google Drive.

9. Contact Prioritization

Android KitKat memprioritaskan kontak berdasar pada orang-orang yang lebih sering Anda hubungi lewat SMS atau Telepon. Aplikasi Kontak di OS ini akan terintegrasi dengan aplikasi kontak Google Anda. Melalui aplikasi Contacts, Anda juga dapat mencari tempat nongkrong atau restaurant yang paling dekat di daerah Anda menggunakan search box yang berada pada bagian atas.

10. Cloud Printing Support

Terdapat dukungan untuk Cloud Printing (pencetakan di awan). Jadi, Anda bisa mencetak dokumen, presentasi, website, dan foto dari ponsel atau tablet ber-OS KitKat. Agar fitur ini bisa bekerja, printer Anda harus terhubung ke Google Cloud Print atau HP ePrint.

Comments

comments