10 Alasan Mengapa Bisnis Kecil Membutuhkan Logo
Brand-logos-are-everywhere

Anda pasti tidak asing mendengar bahwa setiap ahli marketing dan bisnis selalu mendorong pemilik bisnis kecil untuk membuat logo brand dan materi pemasaran yang konsisten di segala bidang untuk bisnis mereka. Tapi, apakah Anda tahu apa sebenarnya arti dan alasan dibalik saran tersebut?

Logo dan materi pemasaran yang konsisten sangat berguna untuk bisnis Anda. Karena mereka dapat membuat perbedaan besar di perusahaan Anda dengan cara meningkatkan penjualan serta pendapatan.  Inilah 10 alasan mengapa bisnis Anda membutuhkan logo.

 

10 Alasan Mengapa Bisnis Kecil Membutuhkan Logo
Commitment

Menyampaikan Bahwa Anda “Mapan”

Dengan adanya logo dan materi pemasaran yang professional, Anda dapat menunjukkan bahwa Anda dapat berkomitmen dengan klien Anda. Dengan mengambil langkah ini, Anda juga dapat menyampaikan kesan bahwa Anda stabil dan telah ada selama beberapa waktu.

10 Alasan Mengapa Bisnis Kecil Membutuhkan Logo
Customer Behavior

Menarik Perhatian Potensial Pelanggan

Pepatah pernah mengatakan, “Jangan menilai buku dari sampulnya”. Tapi, dalam kenyataannya, tidak sedikit orang yang melihat penampilan terlebih dahulu sebelum mengenalnya lebih baik. Menemukan sebuah perusahaan yang memiliki tampilan dan nuansa yang tepat untuk itu, baik secara sadar atau tanpa sadar, sering menjadi salah satu kriteria seseorang dalam membuat keputusan pembelian. Dengan adanya logo yang menarik, akan membuat pelanggan terkesima dan terdorong untuk membeli.

 

10 Alasan Mengapa Bisnis Kecil Membutuhkan Logo
Increase

Tingkatkan Integritas dan Kredibilitas

Sebuah logo yang menarik dapat memberikan imej yang profesional dan berpengalaman. Ini dapat membuat seluruh bisnis Anda tampil lebih kredibel. Meningkatkan kredibilitas brand Anda adalah salah satu hal pertama yang perlu Anda lakukan agar dikenal sebagai ahli di dalam bidang Anda.

 

10 Alasan Mengapa Bisnis Kecil Membutuhkan Logo
Make Things Memorable

Membuat kesan yang tak terlupakan

Sebuah studi menunjukkan bahwa 40% dari orang-orang di dunia, akan lebih mudah mengingat apa yang mereka lihat dari informasi yang mereka baca atau dengar. Menggunakan sebuah gambar atau imej yang mengesankan serta konsisten pada semua materi bisnis, akan membuat Anda berada di atas pikiran potensial pelanggan Anda saat mereka memiliki kebutuhan untuk membeli produk yang Anda jual.

 

10 Alasan Mengapa Bisnis Kecil Membutuhkan Logo
Standout

Membantu membuat Anda Menonjol di Bidang Anda

Dengan adanya logo dan materi pemasaran professional yang kuat, akan membedakan Anda dari pesaing Anda, dan membuat Anda menonjol di bidang Anda. Contohnya seperti Logo Catering Nyonya Rika.

 

10 Alasan Mengapa Bisnis Kecil Membutuhkan Logo
Professionalethics

Berikan Penampilan Yang Profesional

Buatlah kartu nama yang menarik dan tentunya jangan lupa untuk memberikan logo Anda agar mudah diingat. Karena jika Anda terlihat murah tapi berpengalaman, itulah bagaimana Anda akan dikompensasi oleh klien Anda.

 

10 Alasan Mengapa Bisnis Kecil Membutuhkan Logo
Brand


Menciptakan Brand Bisnis Anda

Dengan adanya logo, Anda dapat membangun sebuah citra dan brand yang lebih besar dari identitas pribadi Anda. Karena Anda harus tetap ingat, bahwa tujuan logo adalah untuk menciptakan sebuah brand untuk perusahaan Anda agar mudah dikenali dan terus konsisten di semua saluran pemasaran.

 

Menawarkan Pelanggan Anda Rasa Stabilitas

Meskipun Anda mungkin tidak berada dalam bisnis untuk diri sendiri selama beberapa dekade, jika Anda telah melakukan investasi dalam identitas, pelanggan Anda akan melihat Anda jauh lebih stabil. Dengan hal itu, Anda akan menciptakan perasaan stabilitas dan kepercayaan pada pelanggan.

 

10 Alasan Mengapa Bisnis Kecil Membutuhkan Logo
Communicate

Mengkomunikasikan Pesan Anda

Sebuah desain logo yang baik dapat mengandung banyak makna, dan tentunya dapat membantu untuk Anda untuk berkomunikasi tentang bagaimana Anda melakukan bisnis. Hal ini dapat mencakup fitur atau manfaat yang membedakan Anda dari pesaing Anda.

 

10 Alasan Mengapa Bisnis Kecil Membutuhkan Logo
Expectations

 

Memenuhi Harapan

Dalam banyak bidang bisnis, logo hanya sebagai pemenuh harapan. Terutama di industri seperti desain atau jasa kreatif lainnya, memiliki logo yang fantastis dianggap sebagai standar industri.

Itu hanyalah 10 alasan kecil bahwa logo sangat penting untuk memajukan bisnis Anda. Tetapi, selain itu, dengan memiliki logo Anda akan merasa lebih senang dan bangga atas apa yang sudah Anda lakukan dalam bisnis Anda. Walaupun hanya sekedar logo, tapi logo dapat meningkatkan rasa percaya diri Anda dalam bidang bisnis maupun dalam personalitas. Hal ini akan menunjukkan bahwa Anda dapat melalui semua praktek dan interaksi dalam bisnis, serta akan menguntungkan Anda tanpa Anda sadari.

Jadi, jika bisnis kecil Anda belum memiliki logo, mulailah berpikir untuk membuatnya. Jangan hanya sekedar memiliki logo yang bagus, tetapi Anda harus dapat berkomunikasi dalam logo tersebut. Anda dapat menggunakan jasa desain logo Sribu untuk mendapatkan pilihan desain yang berkualitas dan bervariasi Bagi Anda yang sudah memiliki logo, tidak ada salahnya untuk memeriksanya kembali. Cobalah pandang logo Anda sebagai seorang pelanggan. Apa yang Anda lihat? Jika logo itu belum berfungsi baik, cobalah Anda untuk merevisinya agar menjadi lebih baik.

Salam,

Ryan Gondokusumo

Founder Sribu.com

 

Sribu.com adalah website jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 1.000+ pelangan seperti Mayora, Bayu Buana, Wika, Jasamarga dan lainnya yang membutuhkan desain logo, website, kemasan dan lainnya. Sribu menghubungkan antara klien yang membutuhkan desain dan komunitas desainer sebanyak 30.000 desainer melalui proses yang dinamakan crowdsourcing.

Comments

comments