Pixel facebook
Home > Produk Review > Bayi dan Anak > Apakah Tablet Internet Aman Untuk Bayi dan Anak Anda?

Apakah Tablet Internet Aman Untuk Bayi dan Anak Anda?

Seberapa aman tablet internet untuk bayi dan anak Anda? Inilah salah satu pertanyaan dari banyak pertanyaan ayah atau bunda. Tren perangkat teknologi saat ini semakin tak bisa terbendung, mulai dari teknologi terapan untuk orang dewasa hingga anak-anak. Malah, saat ini telah merangsek masuk dan kerap digemari oleh putra-putri menjadi mainan.

Era baru tablet pc telah dimulai, mungkin tampak menakutkan bagi banyak orangtua tetapi jangan pandang sebelah mata, karena kemajuan teknologi bisa menawarkan kesempatan untuk pendidikan dan hiburan untuk anak-anak. Lalu bagaimana memilih tablet internet untuk bayi dan anak guna memenuhi kebutuhan si buah hati.

Apakah Tablet Internet Aman Untuk Bayi dan Anak Anda

Ilustrasi Tablet Internet Aman Untuk Bayi dan Anak – Sumber : ISTIMEWA

Jangan khawatir, ada banyak faktor sebgai pertimbangan memberikan perlengkapan bayi dan anak untuk masa pertumbuhan. Bijaknya, biarlah mereka mulai menentukan sendiri ketertarikannya, bisa jadi gadget adalah salah satu perangkat digital kegemaran anak Anda.

Mengapa? Coba perhatikan seberapa sering Anda menggunakan perangkat digital, seperti laptop, mp3 player, smartphone atau Tablet PC, nah, intensitas kecenderungan menggunakan perangkat digital tersebut akan mempengaruhi si kecil. Di usia pertumbuhan balita ‘meniru’ apa yang kerap terjadi atau dilakukan orang tua adalah hal yang pasti, inilah sebab mengapa perangkat digital teknologi mobile mampu menyentuh kalangan anak bahkan balita.

Sejauh ini, belum ada riset yang mengatakan bahwa tablet pc aman bagi anak-anak, tetapi radiasi elektromagnetik serta sensor signal yang dimiliki mampu membuat organ manusia lemah. Nmaun demikian, kadar ‘merusak’ yang dimiliki kecil, jika terkenapun dalam jangka waktu lama sekali. Untuk itu perlu sekali mengoleksi daftar perlegkapan bayi dan anak berjaminan aman.

Acuan Memilih Tablet Internet Aman untuk Bayi dan Anak

1. Pastikan Tablet Internet Memiliki Pelindung
Anak-anak cenderung melakukan hal ceroboh, terjatuh atau bahkan terlepas dari genggaman. Ini yang perlu diperhatikan, reflek serta kekutan otot penyeimbang pada anak-anak belum sempurna. Untuk itu, jika Anda membeli tablet internet pastikan dilengkapi dengan pelindung karet. Jika perlu kesing pelindung tersebut telah di verifikasi BPA free (aman untuk anak-anak atau bayi). Anda bisa mendapatkannya di toko perlengkapan bayi online.

2. Tersedia Koneksi Nirkabel atau WiFi
Hal ini untuk menjaga bandwith yang terpakai, jika menggunakan layanan data operator maka usahakan dengan limitasi kuota. Ini cukup penting, sebab kreatifitas anak dalam mengeksplorasi fitur cukup lihai dan punya rasa ingin tahu yang tinggi, bisa saja secara tak sengaja menyentuh atau mengubah aturan kuota bandwith yang digunakan sehingga akan melebihi anggaran internet Anda. Tapi umunya perangkat ini sudah dilengkapi dengan wifi, jadi tinggal atur saja koneksi yang ingin digunakan.

3. Lengkapi Fitur Kamera dan Memori
Fitur ini cukup digemari oleh anak-anak, untuk itu mereka kerap mengabadikan apa yang menjadi ketertarikannya. Jika memori eksternal yang tersedia minim, maka kerap sang anak akan merasa enggan dan tak ingin menggunakan fitur tersebut, bisa jadi keratifitas yang dimiliki akan hilang, sebab fitur kamera yang tersedia pada tablet mampu melatih kecerdasan anak dalam mengasah dan membentuk indera pengelihatan lebih tajam serta kreatif.

4. Lengkapi dengan Fitur Edukasi
Sebisa mungkin fitur aplikasi edukasi tertanam karena ini adalah fitur tablet internet aman untuk bayi dan anak Anda. Aplikasi yang tertanam bisa mengalihkan si kecil mengakses fitur yang bukan untuk dirinya, cukup berkutat hanya pada fitur khusus untuk anak-anak. Jika tidak, lagi-lagi kreatifitas anak akan muncul dan bisa jadi si kecil akan mencari tahu atau membuka file browser dewasa atau lain sebagainya. Oya, kini juga tersedia ragam aplikasi edukasi untuk anak, termasuk game. Jangan lupa juga untuk memasukkan media audio religi untuk mengedukasi anak agar lebih bervariatif.

5. Tersedia Fitur Telepon
Ini untuk mempermudah Anda mengontrol anak Anda. Dengan adanya fitur ini maka Anda bisa melakukan komunikasi beberapa kali dalam sehari untuk sekedar memeriksa apa yang sedang dilakukan oleh anak Anda. Lebih canggihnya lagi, jika Anda telah mengajarkn fitur skype dan sudah terinstal, Anda bisa lebih bisa memantau si kecil lengkap dengan visual.

Oya, hanya sebagai tambahan, kini alat sekuriti lain juga telah tersedia di toko perlengkapan bayi murah, untuk CCTV fo baby misalnya, Anda bisa mendapatkan ini dengan beragam merk, tipe dan harga. Penggunaanyapun cukup mudah, dengan melakukan koneksi internet dan terhubung dengan listrik maka ANda bisa memantau aktifitas anak di rumah.

Semua hal ini merupakan langkah antusipasi yang bisa kita lakukan untuk menjaga buah hati Anda, mulai dari mainan, sarana edukasi hingga perangkat bantuan keamanan jarak jauh. Tapi yang cukup memegang peranan penting adalah apakah tablet internet aman untuk bayi dan anak Anda.

Apakah Tablet Internet Aman Untuk Bayi dan Anak Anda?

Anak, smartphone dan tablet – Sumber : Kompas.com

Biarkan Anak Melek Teknolgi

Beragam vendor teknologi khususnya yang meghadirkan perangkat mobile kerap membenamkan aplikasi hingga desain khusus yang dibuat untuk anak. Menurut psikolog senior Ratih Ibrahim, para orang tua perlu membiarkan anak untuk tetap melek teknologi, tetapi tidak serta merta membebaskan mereka dalam penggunaan teknologi. Salah satu contoh sederhana adalah penggunaan gadget seperti ponsel, tablet ataupun laptop.

Ratih berpendapat, orang tua tetap perlu membuat pembatasan dalam kehidupan sehari-hari. Pasalnya, penggunaan yang tidak terkendali akan sangat berpengaruh terhadap konsentrasi anak. Artinya, para orang tua perlu membiarkan anak untuk tetap akrab dengan teknologi, tetap dengan menerapkan peraturan dan pembatasan. Karena jika tidak, yang dikhawatirkan adalah anak-anak akan lebih tertarik dengan gadget dan tidak tertarik dengan kehidupan nyata.

Komponen monitor atau layar gadget yang berkedip dengan cepat dapat menstimulasi otak anak-anak untuk merasa tertarik. Ketertarikan inilah yang membuat kehidupan nyata menjadi membosankan bagi anak-anak, jelas Ratih.

Oleh karenanya, perlu adanya pembatasan oleh para orang tua dalam penggunaan gadget. Caranya adalah dengan memberi pengertian pada anak Anda bahwa fungsi gadget adalah untuk berkomunikasi sehingga penggunaannya perlu dibatasi.

Jadi, jika diambil kesimpulan maka pengunaan tablet internet untuk bayi dan anak boleh saja sejauh ada batasan. Tak hanya tablet internet, gadget lain yang juga punya daya tarik tersendiri untuk anak juga boleh diberikan pada anak sebagai sarana edukasi. Anda juga bisa menentukan beberapa perangkat digital atau perlengkapan bayi lainnya melalui www.pricearea.com. Khusus untuk perlengkapan bayi, Anda bisa kunjungi langsung http://www.pricearea.com/harga/bayi-dan-anak.

Apakah Tablet Internet Aman Untuk Bayi dan Anak Anda?

Menggambar – Sumber : ISTIMEWA

PriceArea.com
PriceArea adalah situs banding harga dan mesin pencari belanja yang mewakili toko online di Indonesia dengan mudah, cepat dan akurat. Di halaman Artikel kami, temukan ulasan menarik seputar E-Commerce di Indonesia dan juga berbagai tips dan ulasan produk yang bermanfaat untuk kegiatan belanja Anda. Ikuti kami di media sosial: Google Plus Facebook Twitter Instagram
PriceArea.com
PriceArea.com

Comments

comments

Read previous post:
Aksen Batik di 3 Varian Motor Yamaha Terbaru
Yamaha Mio Fino 2013 dengan Stripping Batik Motor Yamaha Terbaru

Setelah meluncurkan beberapa model baru di kuartal pertama 2013, Yamaha tak mau berhenti melakukan penetrasi pasar dengan meluncurkan motor baru...

Close