Pixel facebook
Home > Produk Review > Kamera > FujiFilm X100s : Klasik, Canggih & Modern

FujiFilm X100s : Klasik, Canggih & Modern

Jakarta, (PriceArea.com). Apakah Anda ingat dengan kakak dari FujiFilm X100s yaitu X100? Namun apakah huruf œS  digunakan untuk sekedar membedakan X100 dengan X100s? œS  di sini memiliki arti second version dan tentunya dilengkapi berbagai pengembangan fitur lebih canggih.  Digital Split Camera adalah diantaranya, yang merupakan fitur pertama didunia dan terbenam pada kamera mirrorless Fuji karena bisa menampilkan dua gambar pada sisi kiri dan kanan yang sejajar untuk memudahkan Anda memfokuskan secara manual.

X100s merupakan sebuah kamera digital compact dengan desain menarik, bertema klasik dengan fitur retro dan tampak semakin berkelas bersama balutan kulit dan strap hitam. Berdasarkan survei, 43,2% pembeli FujiFilm X100 membeli karena desainnya. Itulah yang menjadi alasan utama kenapa pengembangan X-series tidak berubah dari sisi desain.

Meski demikian, tentunya ada beberapa perubahan yang lebih canggih. Seperti sensor CMOS II X-Trans APS-C 16,3 juta piksel dan prosesor II EXR mampu meningkatkan resolusi sebesar 25% dan mengurangi noise lebih dari 30%. Sensor CMOS II X-Trans memiliki piksel pendeteksi fase jepretan yang terpasang built-in untuk AF tercepat didunia dalam waktu sesingkat 0,08 detik.

Kelebihan lainnya dari prosesor II EXR yaitu waktu respon cepat dengan waktu memulai hanya 0.5 detik! Interval pengambilan gambar 0,5 detik. Juga, jeda waktu hanya 0,01 detik sehingga tak akan ada momen berharga yang terlewatkan.

Digital Split Camera yang pertama didunia milik X100S, menampilkan dua gambar pada sisi kiri dan kanan yang sejajar untuk memudahkan Anda memfokuskan secara manual. Tentu hal ini menjamin pemfokusan akurat ketika Anda bekerja dengan bukaan terbuka atau pengambilan gambar makro.

Tak hanya itu, fungsi sorot puncak fokus yang mudah dipegang tangan dalam menyorot wilayah kontras tinggi dari subyek Anda. Ini memudahkan fotografer kelas pemula sekalipun mampu menghasilkan kualitas ‘angle’ foto menjadi lebih mantap meskipun disituasi sulit mendapatkan akurasi fokus karena Anda dapat melakukan fokus secara manual.

X100s juga menggunakan hybrid viewfinder, yang mampu menggabungkan antara optical viewfinder yang biasa ditemukan pada kamera tipe rangefinder klasik (yang masih menggunakan roll film) dan sistem electronic viewfinder.

Dengan kemampuan menggunakan optical dan electronic viewfinder secara bergantian, alhasil bisa memudahkan Anda mengkomposisi hasil foto diberbagai situasi pengambilan gambar.

Fujifilm merancang khusus lensa Fujinon 23mm F2 untuk X100s, dengan lensa ini pemotret bisa mendapatkan optimasi cahaya yang masuk melalui lensa. Sehingga tingkat kejelasan gambar lebih tinggi, tidak hanya ditengah-tengah gambar tetapi juga disepanjang tepi foto. Mantap!

Dengan predikat kamera digital , tentunya X100s mesti dilengkapi dengan film HD penuh (1920×1080), benar saja, X100S melengkapi fitur tersebut dan mampu bekerja mengambil momen bergerak pada 60pfs. Sayangnya, pengambilan gambar pada kecepatan bit tinggi yaitu 36 Mbps menghasilkan lebih sedikit gangguan dan kualitas gambar meningkat untuk menajamkan setiap detail hingga perubahan halus dalam ekspresi wajah. Tapi jangan kuatir, momen ini jarang dilakukan dan diminati.

Berapa harganya untuk sebuah kamera klasik sekaligus futuristik ini? Nah, inilah yang paling penting, lewat sederet fitur baru berkemampuan canggih dan memiliki daya tarik karena bisa mendapatkan pengalaman baru terhadap fitur canggih tersebut, maka harga sangatlah dinanti.

Kabar yang PriceArea.com dapatkan untu satu unit kamera canggih ini berada sekitar Rp 12,000,000, wow! Tapi itulah kenyataannya, kecanggihan teknologi memang tak bisa dibayar dengan harga yang murah ternyata. Namun begitu, porsi pasar kamera di Indonesia tentu punya karakter tersendiri, dengan Fuji yang memasang banderol diatas 10 juta, maka ada kemungkinan, pilihan akan jatuh ke lain hati.

Tapi tunggu dulu, hal itu tidak berlaku untuk para penghobi fotografi idealis, untuk segmen ini kebanyakan harga bukanlah halangan, namun kepuasan adalah yang utama.  Selamat membuktikan kecanggihan dari kamera klasik ini ya!

Spesifikasi :

Model Name : FUJIFILM X100S

Number of effective pixels : 16.3 million pixels

Image sensor : 23.6mm x 15.8mm (APS-C) X-Trans CMOS II with primary color filter

Storage media : Internal memory SD memory card / SDHC memory card / SDXC

File format : still image (JPEG (Exif Ver 2.3), RAW (RAF format), RAW+JPEG), movie MOV (H.264, Audio : Linear PCM / stereo sound)

Lens : Fujinon Single focal length lens

Focal Length : f=23mm, equivalent to 35mm on a 35mm format

Aperture : F2 – F16 1/3EV step (controlled with 9-blade aperture diaphragm)

Sensitivity : AUTO (Control available up to ISO6400), ISO 100, 12800 and 25600

White balance : Automatic scene recognition, Fine, Shade, Fluorescent light (Daylight), Fluorescent light (Warm White), Fluorescent light (Cool White), Incandescent light, Underwater, Custom, Color temperature selection

Hot shoe : Dedicated TTL Flash compatible

Viewfinder : Hybrid viewfinder, Optical viewfinder, Electronic viewfinder

LCD monitor : 2.8-inch, approx. 460K-dot, TFT color LCD monitor

Movie recording : 1920 x 1080 pixels (60fps/30fps) with stereo sound

Dimensions : 126.5 (W) x 74.4 (H) x 53.9 (D) mm / 5.0. (W) x 2.9 (H) x 2.1 (D) in.

Weight : 445 g / 15.7 oz. (including battery and memory card), 405 g / 14.3 oz. (excluding accessories, battery and memory card)

Power supply : NP-95 Li-ion battery (included)

Price : IDR 12.000.000,-

PriceArea.com
PriceArea adalah situs banding harga dan mesin pencari belanja yang mewakili toko online di Indonesia dengan mudah, cepat dan akurat. Di halaman Artikel kami, temukan ulasan menarik seputar E-Commerce di Indonesia dan juga berbagai tips dan ulasan produk yang bermanfaat untuk kegiatan belanja Anda. Ikuti kami di media sosial: Google Plus Facebook Twitter Instagram
PriceArea.com
PriceArea.com

Comments

comments

Read previous post:
harga htc one
HTC One Handphone Android Terbaru

Handphone Android Terbaru yang Punya 4 Fitur Inovatif & Keren Handphone android terbaru ini rencananya diperkenalkan pada 19 Februari 2013...

Close