Pixel facebook
Home > Ecommerce > Amazon Masih jadi Raja Dunia Belantara Online Shopping

Amazon Masih jadi Raja Dunia Belantara Online Shopping

Jakarta, (PriceArea.com). Siapa sangka jika situs online shop yang lahir dari garasi rumah sebuah kawasan Washington Amrik ini terus menuai kritik hingga saat ini. Tapi, mengapa? Ya, kenapa? Adalah Amazon, sebuah situs yang konsisten dengan ceruk e-Commerce hingga saat ini masih menjadi acuan serta perbincangan hingga kabarnya situs ini masih menjadi ‘raja’ dunia belantara online shopping. Bukan hanya sebatas Amrik, tetapi dunia. Luar biasa.

Berawal dari penjualan buku di sebuah garasi kecil, tepat nya di Bellevue, Washington pada tahun 1994 perusahaan yang mengawali bisnis dengan memanfaatkan media internet ini seperti menjadi influence industri e-Commerce saat ini. Mengapa? Ya, bisnis yang ditekuni dan konsisten melakukan penjualan eceran melalui pemesanan kecil di luar kota Amrik ini semakin dipercaya dan seperti mampu menyerang beberapa pesaing yang sebelumnya telah hadir dan akan hadir saat ini.

Perkembangannya yang dimilai dari penjualan kecil terus berkembang menjadi konsumer elektronik seperti CD, DVD, Acara TV dan lain sebagainya. Lebih menakjubkannya lagi, kini Amazon menawarkan peyimpanan online dan web hosting untuk penyewaan film. Kesuksesan perjalanan bisnis Amazon tentu diperhatikan benar oleh mantan pendiri Amazon, Jeff Bezos. Hingga akhirnya berkembang pesat di 11 negara termasuk Canada, China, Perancis, Jepang serta Inggris.

Sedikitnya sekitar 88.400 orang telah bekerja di Amazon untuk mengakomodir dan menangani seluruh transaksi skala dunia. Jumlahnya-pun sangat fantastis, sekitar 40miliar euro/ 61 miliar dolar bisa didapatkan oleh Amazon dalam waktu sekitar 1 tahun. Menariknya setiap tahun mengalami kenaikan jumlah, di tahun 2011-2012 saja kenaikan  terjadi sekitar 27% yang mana nilai kapita tersebut sekitar 120.6 miliar dolar. Itupun belum termasuk saham yang juga naik 30% dalam periode yang sama yakni 2011-2012.

Nah, dari analogi akumulasi pendapatan yang dimiliki Amazon tentu bisa dipastikan bahwa omset yang dimiliki dalam setahun. Bagaimana dengan Anda?

Trik Pertahanan Amazon

Trik yang dimiliki Amazon adalah menyerang pesaing dengan harga rendah, memperhatikan pelayanan prima termasuk pengiriman, handal dan juga murah. Hampir seluruh harga yang ada di Amazon lebih murah, termasuk harga handphone Android, harga komputer terbaru hingga pakaian bayi dan anak,  Dan trik yang dimiliki adalah Amazon telah memiliki harga yang jauh lebih rendah sebelum dijual dan pajak. Dalam hal ini, penghitungan Amazon cukup pandai dengan memberikan ke pengecer untuk bisa menghasilkan atau mendapatkan 10%.

Nah, untuk pajak, di Inggris pajak yang berlaku untuk aktivitas e-Commerce cukup mahal yakni sekitar 20%, aktifitas yang dilakukan adalah download musik, eBook. Namun berbeda dengan di Luxemburg, pembayaran pajak untu dua item tersebut bisa lebih murah yakni 3%. Seluruh laba ditampung di Inggris dan Luxemburg yang kemudian disalurkan untu pembayaran royalti seperti penggunaan merk dan teknologi.

Namun Uni Eropa menekan Luxembourg untuk menguatkan peraturan pajak serta pemerintahan UK sedang berusaha menaikkan rezim pajak yang dieksploitasi oleh perusahaan multinasional. Meski demikian, tidak ada yang berdampak pada peningkatan penjualan Amazon sebagai kompetitor, dari HMV hingga Woolworths, dalam menghadapi krisis eksistensial atau kehancuran.

Celah Ecommerce di Indonesia

Ternyata ragam trik yang telah digunakan Amazon dalam mempertahankan eksitensinya daam dunia e-Commerce, mulai dari penjualan, produk, pengiriman serta pembayaran pajak dan royalti. Meski terlihat mudah, beberapa hal ini cukup sulit untuk direaliasikan di Indonesia. Terkait dengan e-Commerce, UU ITE yang telah di sahkan pun belum menyentuh secara global penggunaan teknologi intrenet di Indonesia. Belum lagi kebijakan pajak dan royalti terhdap produk. Masih banyak yang menjadi pekerjaan bersama para pebisnis e-Commerce.

Meski begitu, ada celah lebar bahwa aktivitas e-Commerce yang dilakukan di Indonesia saat ini cukup menggiurkan dari sisi profit. Terbukti, hanya beberapa marketplace dan situs pencari belanja saja yang mampu mendongkrak aktifitas e-Commerce di Indonesia saat ini. Apa Anda pemain berikutnya?

PriceArea.com
PriceArea adalah situs banding harga dan mesin pencari belanja yang mewakili toko online di Indonesia dengan mudah, cepat dan akurat. Di halaman Artikel kami, temukan ulasan menarik seputar E-Commerce di Indonesia dan juga berbagai tips dan ulasan produk yang bermanfaat untuk kegiatan belanja Anda. Ikuti kami di media sosial: Google Plus Facebook Twitter Instagram
PriceArea.com
PriceArea.com

Comments

comments

Read previous post:
Mercy Menjanjikan Harga Mobil SUV Murah?

Tidak bisa dipungkiri bahwa minat masyarakat terhadap perkembangan harga mobil second Jakarta masih sangat tinggi. Meski demikian, hal itu tidak...

Close